PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LABORATORIUM (STUDI KASUS : LABORATORIUM SISTEM INFORMASI DAN KEPUTUSAN (LSIK))

MOHAMMAD ILHAM NURJAMAN, 153010037 and Bram Andryanto, DS and Asep Toto Kartaman, DS (2019) PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LABORATORIUM (STUDI KASUS : LABORATORIUM SISTEM INFORMASI DAN KEPUTUSAN (LSIK)). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Mohammad Ilham Nurjaman_153010037_Teknik Industri.pdf

Download (947kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dapat mendorong berbagai kemudahan bagi lembaga pendidikan. Untuk memperoleh kemudahan tersebut setiap lembaga pendidikan berlomba-lomba membangun sistem informasi yang lebih baik. Laboratorium Sistem Informasi dan Keputusan (LSIK) merupakan salah satu laboratorium dibawah naungan Program Studi Teknik Industri Universitas Pasundan. Laboratorium Sistem Informasi dan Keputusan (LSIK) setiap semester melakukan kegiatan praktikum, dimana pada semester ganjil laboratorium ini melaksanakan praktikum Bahasa Pemrograman Komputer (BPK) dan pada semester genap melaksanakan praktikum Simulasi Komputer (SIMKOM). Dalam memenuhi informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan praktikum, laboratorium sistem informasi dan keputusan telah memiliki suatu sistem yang memberikan pelayanan mengenai kegiatan praktikum. Akan tetapi, sistem yang ada belum mampu memberikan informasi yang diperlukan dalam menunjang pengambilan keputusan bagi setiap stakeholder laboratorium. Sehingga diperlukan perancangan sistem yang baru. Perancangan sistem informasi dilakukan dengan menggunakan metode analisis dan desain terstruktur, dimana alat yang digunakan adalah data flow diagram (DFD), flowchart, dan kamus data. Selain itu karena sistem informasi yang dibuat berbasis object-oriented maka penulis menggunakan alat lain yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram dan Collaboration Diagram. Penelitian mengenai perancangan dan pengembangan sistem informasi kegiatan praktikum di laboratorium sistem informasi dan keputusan ini menghasilkan suatu rancangan sistem informasi berbasis website bagi laboratorium, dimana rancangan ini menghasilkan suatu sistem yang dapat menunjang pengambilan keputusan bagi setiap stakeholder laboratorium. Kata Kunci : Sistem Informasi, Analisis dan Desain Terstruktur, Object Oriented

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Analisis dan Desain Terstruktur, Object Oriented
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 30 Sep 2019 06:49
Last Modified: 30 Sep 2019 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44660

Actions (login required)

View Item View Item