PENGEMBANGAN SENSOR pH BERBASIS BACTERIAL CELLULOSE (Acetobacter xylinum) DAN NANOPARTIKEL EMAS (Au Nanostars) SEBAGAI DETEKTOR KEASAMAN SUSU

Fajar Rifqi Rafsanjani, 14.30.20.038 and Ina Siti Nurminabari, Ds and Agnes Purwidyantri, ds (2019) PENGEMBANGAN SENSOR pH BERBASIS BACTERIAL CELLULOSE (Acetobacter xylinum) DAN NANOPARTIKEL EMAS (Au Nanostars) SEBAGAI DETEKTOR KEASAMAN SUSU. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
FAJAR RIFQI RAFSANJANI_143020038_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (433kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Saat ini, perkembangan teknologi yang menuju teknologi smart sensor terus berkembang pesat. Biosensor muncul sebagai alat analisis yang sangat efisien untuk pengukuran resolusi tinggi. Kebutuhan akan metode analisis yang cepat, akurat, efektif, efisien dan mudah terus meningkat. Dalam penelitian ini, pengukuran analitis menggunakan potentiostat. Metode Cyclic Voltametry (CV) berbasis biosensor ini diharapkan dapat mengukur keasaman susu lebih cepat, akurat dengan proses fabrikasi sederhana. Penelitian ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu penelitian pendahuluan, penelitian utama dan penelitian lebih lanjutan. Penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah untuk mengetahui dampak paparan sinar UV pada hidrofilisitas ITO. Selain itu, penelitian pendahuluan ini bertujuan untuk menentukan karakteristik ITO sebelum dan sesudah pemaparan sinar UV. Penelitian utama yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh waktu pertumbuhan bacterial cellulose (BC) terhadap karakter morfologi dan kristalinitas permukaan elektroda. Penelitian lebih lanjut dilakukan untuk menentukan respon pH. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa durasi pertumbuhan selulosa BC mempengaruhi kinerja elektroda yang dimodifikasi dan sifat elektrokimia yang berkaitan dengan permukaan aktif elektro. Struktur biosintesis selanjutnya diterapkan untuk sensor pH melalui analisis CV dan digunakan untuk deteksi keasaman dalam sampel susu. Sensor fabrikasi dipertimbangkan untuk memiliki potensi sebagai platform berbiaya rendah dan mudah dibuat untuk penyaringan kualitas susu. Kata kunci : bacterial cellulose (BC), indium tin oxide, Au Nanostars, Cyclic Voltametry (CV), kualitas susu.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: bacterial cellulose (BC), indium tin oxide, Au Nanostars, Cyclic Voltametry (CV), kualitas susu.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:32
Last Modified: 30 Sep 2019 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44635

Actions (login required)

View Item View Item