PENGARUH PENAMBAHAN MINYAK ESENSIAL KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANNI BL) DAN LENGKUAS (ALPINA GALANGA L.) TERHADAP KARAKTERISTIK FILM BIOSELULOSA

Heru Priangga Putra, 14.30.20.255 and Ina Siti Nurminabari, Ds and Yoice Srikandace, ds (2019) PENGARUH PENAMBAHAN MINYAK ESENSIAL KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANNI BL) DAN LENGKUAS (ALPINA GALANGA L.) TERHADAP KARAKTERISTIK FILM BIOSELULOSA. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
HERU PRIANGGA PUTRA_143020255_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (506kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Salah satu aplikasi biocelulose (nata de coco) atau BC adalah kemasan berbasis film seperti kemasan plastik untuk menciptakan lingkungan yang ramah karena mudah terdegradasi. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, film BC dibuat dengan menambahkan bahan-bahan komposit seperti CMC, Gliserol, tween 80 dan minyak esensial untuk meningkatkan fungsi dan kualitasnya. Apabila produk makanan dibungkus dengan film BC, produk makanan dapat memperoleh umur simpan dan kualitas produk makanan yang lama. Minyak esensial yang ditambahkan pada film BC sebagai antibakteri yaitu minyak esensial kayu manis dan minyak esensial lengkuas. Penelitian ini dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan bertujuan untuk mendapatkan film BC terbaik dengan menambahkan minyak esensial pada konsentrasi 1, 2, dan 3%. Penelitian utama bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik-mekanik, kimia dan mikrobiologi film, serta aplikasi film terhadap umur simpan serbuk kulit manggis yang telah dikemas dengan film tersebut pada berbagai suhu. Metode penelitian yang digunakan untuk menentukan umur simpan adalah metode ASLT dengan pendekatan Arrhenius. Hasil penetilitian ini menunjukkan bahwa minyak esensial berpengaruh terhadap karakteristik film BC. Sedangkan pada umur simpan film dan serbuk kulit manggis yang telah dikemas dengan pengemas film minyak esensial kayu manis dan lengkuas dengan parameter total mikroba, total kapang, kadar air, serta aktivitas antioksidan menunjukan hasil yang bervariasi. Kata kunci: bioselulosa (nata de coco),film minyak esensial kayu manis dan lengkuas, karakteristik, umur simpan, serbuk kulit manggis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: bioselulosa (nata de coco),film minyak esensial kayu manis dan lengkuas, karakteristik, umur simpan, serbuk kulit manggis.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:26
Last Modified: 30 Sep 2019 03:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44634

Actions (login required)

View Item View Item