INTEGRASI KONSEP PEMANENAN AIR HUJAN Studi Kasus : SWK Gedebage ( Kecamatan Gedebage dan Kecamatan Rancasari, Kota Bandung)

Tya Yasmine, 153060076 and Budi Heri Pirngadie, Dosen PWK Unpas and Furi Sari Nurwulandari, Dosen PWK Unpas (2019) INTEGRASI KONSEP PEMANENAN AIR HUJAN Studi Kasus : SWK Gedebage ( Kecamatan Gedebage dan Kecamatan Rancasari, Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Tya Yasmine_153060076_PWK.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Ketersediaan air bersih tidak sebanding dengan pertumbuhan jumlah penduduk, sehingga perlu adanya strategi untuk menyediakan air bersih. Salah satu upaya adalah dengan menggunakan pemanenan air hujan melalui bak penampung air hujan dengan metode atap rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan konsep pemanenan air hujan yang terintegrasi dengan rencana penyediaan air minum pada Rencana Detail Tata Ruang Kota Bandung untuk kegiatan Perumahan, Perdagangan dan Jasa, Industri dan Pergudangan, Kantor Pemerintahan, Sarana Pelayanan Umum (Pendidikan ,Kesehatan, Peribadatan, Olahraga), Wisata, dan Pertahanan dan Keamanan. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data berupa kebutuhan air minum tiap kegiatan berdasarkan periode perencanaan , pola pemanfaatan air dalam setiap sektor kegiatan, data curah hujan harian maksimum serta luas tangkapan yang di dapatkan dari KDB setiap bangunan pada kegiatan. SWK Gedebage memiliki masalah yang kompleks yang berhubungan dengan masalah krisis sumber daya air sehingga dengan adanya teknik pemanenan air hujan dapat mengurangi beban PDAM dan dapat menjadi alternatif dalam pemenuhan kebutuhan air minum sesuai dengan target Sustainable Development Goals pada tujuan keenam yaitu memastikan ketersediaan dan pengelolaan air bersih dan sanitasi berkelanjutan dengan target 100% .Teknik pemanenan air hujan telah menjadi bagian penting dalam agenda pengelolaan sumber daya air dalam rangka untuk mengatasi ketimpangan air pada rendahnya potensi air tanah dan belum terlayaninya Sistem air minum dari PDAM serta penanggulangan banjir dan kekeringan di SWK Gedebage. Kata Kunci : Kebutuhan air minum; Pemanenan air hujan; alternatif kebutuhan air minum.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan air minum; Pemanenan air hujan; alternatif kebutuhan air minum.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:13
Last Modified: 30 Sep 2019 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44630

Actions (login required)

View Item View Item