KAJIAN KONSENTRASI ASAP CAIR DAN SUHU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK DENDENG ASAP IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus)

Evan Anggraeni, 143020347 and Hasnelly, DS and Sumartini, DS (2019) KAJIAN KONSENTRASI ASAP CAIR DAN SUHU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK DENDENG ASAP IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
EVAN ANGGRAENI_143020347_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dendeng asap merupakan salah satu produk olahan daging secara tradisional dibuat dari daging yang ditambah gula aren dan bumbu-bumbu lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suhu pengeringan dan konsentrasi asap cair terhadap karakteristik dendeng asap ikan lele. Metode penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah menganalisis kadar air, kadar protein, kadar lemak dan kadar abu dalam bahan baku. Penelitian utama yaitu menentukan pengaruh suhu pengeringan dan konsentrasi asap cair menggunakan rancangan petak terbagi (RPT). Rancangan perlakuan terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor P (suhu pengeringan) dan faktor K (konsentrasi asap cair). Rancangan respon terdiri dari respon organoleptik, respon kimia, dan dilakukan respon fisik pada sampel terpilih. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa suhu pengeringan berpengaruh terhadap kadar air, kadar protein, rasa dan aroma dendeng asap ikan lele; konsentrasi asap cair berpengaruh terhadap kadar abu, kadar protein, warna dan rasa; serta interaksi keduanya berpengaruh terhadap warna dan aroma dendeng asap ikan lele. Kata kunci : ikan lele, asap cair, dendeng asap, dan pengeringan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:32
Last Modified: 30 Sep 2019 02:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44615

Actions (login required)

View Item View Item