POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA (KOASS) RSGM UNPAD (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal Dokter Gigi Muda RSGM UNPAD)

Helena Sandradewi, 152050246 (2019) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA (KOASS) RSGM UNPAD (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal Dokter Gigi Muda RSGM UNPAD). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah Pola Komunikasi Interpersonal Dokter Gigi Muda (Koass) RSGM UNPAD dengan sub judul Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal Dokter Gigi Muda (Koass) RSGM UNPAD. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh dokter gigi muda (koass) kepada pasiennya. Kajian mengenai komunikasi yang dilakukan oleh dokter gigi muda akan berguna dan membawa manfaat yang jelas baik untuk calon dokter gigi muda maupun dokter gigi muda. Teori George Herbert Mead mengenai Interaksi Simbolik peneliti pilih karena untuk mengkaji mengenai cara seseorang berinteraksi dilihat dari tiga konsep dasar, yakni Mind, Self, dan Society. Penulisan penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, hingga kajian literatur dan internet searching. Terdapat tiga macam informan dalam penelitian ini, dokter gigi muda, pasien, dan dokter gigi ahli. Hasil pengamatan dan pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa konsep diri yang dibawa oleh dokter gigi muda terlihat positif, dilihat dari self branding yang mereka tunjukan kepada pasien, interpretasi mengenai pasien yang ditangani juga baik sehingga berpengaruh pada hubungan atau cara berkomunikasi dengan pasien yang ditangani. Walaupun terdapat perbedaan antara penyampaian pesan yang dilakukan oleh setiap dokter gigi muda, tetapi secara keseluruhan pasien dapat memahami informasi yang disampaikan oleh dokter gigi muda. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai cara untuk menunjang tercapainya komunikasi yang efektif antara dokter gigi muda dengan pasien adalah dengan menyampaikan informasi menggunakan bahasa yang mudah dicerna oleh orang awam, karena tidak semua mengerti mengenai bahasa kedokteran, serta diusahakan untuk lebih detail dalam menyampaikan pesan. Kata kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Koass.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 28 Sep 2019 06:48
Last Modified: 28 Sep 2019 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44600

Actions (login required)

View Item View Item