PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM KENDARAAN KONSELING SILIH ASIH (KEKASIH JUARA) TERHADAP PENAMPILAN PERAN SOSIAL MASYARAKAT DI KOTA BANDUNG

Octaridawati Berliana Silaban, 152020019 (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM KENDARAAN KONSELING SILIH ASIH (KEKASIH JUARA) TERHADAP PENAMPILAN PERAN SOSIAL MASYARAKAT DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI OCTARIDAWATI BERLIANA SILABAN_152020019-dikonversi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI OCTARIDAWATI BERLIANA SILABAN_152020019-dikonversi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA SKRIPSI OCTARIDAWATI BERLIANA SILABAN_152020019-dikonversi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI OCTARIDAWATI BERLIANA SILABAN_152020019-dikonversi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI OCTARIDAWATI BERLIANA SILABAN_152020019-dikonversi.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI OCTARIDAWATI BERLIANA SILABAN_152020019-dikonversi.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Lingkungan sosial memberikan kesan terhadap proses pembentukan tingkah laku dan jati diri seseorang yang akhirnya berpengaruh terhadap peran sosial yang ditampilkan oleh setiap individu, untuk mewujudkan penampilan peran sosial msayarakat banyak kendala baik itu faktor internal ataupun eksternal seprti adanya masalah sosial yang dihadapi. Pemerintah Kota Bandung meluncurkan program Kendaraan Konseling Silih Asih (KEKASIH JUARA) yang merupakan program yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kesehatan Kota Bandung untuk menyelesaikan maslah yang ada pada masyarakat. Peneliti merumuskan tiga rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan program KEKASIH JUARA, penampilan peran sosial masyarakat, dan pengaruh program KEKASIH JUARA terhadap penampilan peran sosial masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dimana peneliti memperoleh data deskriptif analisis, serta populasi dalam penelitian ini ialah masyarakat program KEKASIH JUARA di Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu Mann-Whitney U-Test merupakan tes terbaik untuk menguji hipotesis komperatif dua sample indenpendent bila datanya berbentuk ordinal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan jumlah populasi 551 orang masyarakat konseli dengan rentang usia 18-45 tahun, maka diambil sampel sebanyak 10% yaitu sebanyak 55 orang masyarakat konseli program KEKASIH JUARA Kota Bandung yang mendapatkan konseling. Temuan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh program yang cukup signifikan program KEKASIH JUARA terhadap penampilan peran sosial masyarakat terlihat dari antusias untuk konseling dengan menyepakati kontrak pertemuan dengan konselor ataupun mengunjungi rujukan yang diberikan konselor serta adanya perubahan tingkah laku dan sikap masyarakat setelah menerima saran juga solusi dari konselor. Adapun saran yang peneliti sampaikan bahwa program KEKASIH JUARA harus meningkatkan dan menggiatkan sosialisasi kepada masyarakat serta konselor menggali lebih dalam lagi tentang masalah dengan kemampuan dan skill yang mumpuni di bidang konseling. Kata Kunci: Masalah Sosial, Penampilan Peran Sosial, Kendaraan Konseling Silih Asih (KEKASIH JUARA).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 28 Sep 2019 02:30
Last Modified: 28 Sep 2019 02:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44586

Actions (login required)

View Item View Item