KERJASAMA INDONESIA – JAPAN INTERNATIONAL COOPERATION AGENCY (JICA) DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PATIMBAN PORT DEVELOPMENT PROJECT SEBAGAI PELABUHAN INTERNASIONAL

Rahma Al Muftiani, 152030049 (2019) KERJASAMA INDONESIA – JAPAN INTERNATIONAL COOPERATION AGENCY (JICA) DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PATIMBAN PORT DEVELOPMENT PROJECT SEBAGAI PELABUHAN INTERNASIONAL. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (Rahma Al Muftiani).pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pelabuhan internasional mempunyai peran yang sangat penting yaitu untuk menunjang kegiatan ekspor produk yang dihasilkan industri/manufaktur dalam Negeri. Sehingga pelabuhan harus dikelola secara efektif dan efisien. Dewasa ini, Pelabuhan Tanjung Priok yang telah menunjang kegiatan industri/manufaktur sudah tidak bisa memenuhi kapasitas kargo yang dibutuhkan. Selain itu kemacetan yang terjadi di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok menghambat kinerja ekspor dan pendistribusian produk nasional yang mana dapat merugikan industri/manufaktur dalam Negeri. Seiring dengan berkembangnya pasar global dan perdagangan dunia, mendorong eksportir untuk meningkatkan kinerja ekspor yang tentu harus didukung oleh infrastruktur pelabuhan yang mumpuni. Maka dari itu, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk membangun pelabuhan baru berskala internasional. Proyek pelabuhan internasional tersebut ditetapkan di Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat dengan nama proyek “Patimban Port Development Project”. Untuk mempercepat realisasi proyek tersebut, dibutuhkan biaya yang besar serta teknologi yang canggih dimana Indonesia belum dapat memenuhi nya. Maka dari itu, Indonesia melakukan kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk mewujudkan Pelabuhan Internasional Patimban sehingga produk dalam Negeri dapat bersaing di pasar global dan perdagangan dunia dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau dan menganalisis kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dengan Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) baik dalam aspek bentuk maupun implementasi. Penelitian ini pula berguna untuk mengetahui implementasi kerjasama Indonesia dan JICA melalui proyek “Patimban Port Development Project” sebagai Pelabuhan Internasional yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu dengan mengumpulkan, menyusun, menggambarkan serta menginterpretasikan data yang diperoleh melalui studi pustaka, yaitu literatur berupa buku, jurnal ilmiah, majalah berita, laporan lembaga pemerintah dan non-pemerintah serta informasi dari situs resmi di internet terkait kerjasama Indonesia dan JICA dalam proyek Patimban. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kerjasama antara Indonesia dan JICA telah ter-implementasi dengan baik melalui pinjaman dana atau Official Development Assistance (ODA) Loan Japan kepada Indonesia dengan beberapa persyaratan mutlak. Dalam rangka realisasi proyek tersebut, Indonesia melalui Kementerian Perhubungan menyepakati fasilitas Special Terms for Economic Partnership (STEP) sebagai peraturan operasional dalam pinjaman tersebut. Kata Kunci : Kerjasama Indonesia dan JICA, Patimban Port Development Project, Official Development Assistance (ODA), Special Terms for Economic Partnership (STEP)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 28 Sep 2019 02:08
Last Modified: 28 Sep 2019 02:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44581

Actions (login required)

View Item View Item