PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 - 2017)

Dede Yuyun, 154010156 and Prof.Dr. H, Jaja Suteja, SE.,MSi, CFRM,DBA, Pembimbing I (2019) PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 - 2017). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN DEDE.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nilai perusahaan merupakan refleksi penilaian masyarakat terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Memaksimalkan nilai perusahaan sangat penting artinya bagi suatu perusahaan, karena dengan memaksimalkan nilai perusahaan berarti juga memaksimalkan kemakmuran pemegang saham yang merupakan tujuan utama perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tata kelola perusahaan dan modal intelektual terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008 sampai dengan 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 17 perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008 sampai dengan 2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan kriteria tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan analisis data menggunakan analisis jalur dengan alat bantu SPSS dan Microsoft Office Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tata Kelola Perusahaan berpengaruh secara langsung terhadap Kinerja Keuangan sebesar 9.72%. Sementara Modal Intelektual berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan sebesar 51.49%. Secara bersama-sama tata kelola perusahaan dan modal intelektual mempengaruhi kinerja keuangan sebesar 61.6%. Pengaruh variabel independen yang dominan adalah modal intelektual. Penelitian ini juga menghasilkan kesimpulan bahwa kinerja keuangan mempengaruhi nilai perusahaan sebesar 99.6%. Kata kunci : Nilai Perusahaan, Tata Kelola Perusahaan, Moda Intelektual, Kinerja Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2015
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 27 Sep 2019 09:50
Last Modified: 27 Sep 2019 09:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44570

Actions (login required)

View Item View Item