KAJIAN NORMA DAN STANDAR RUMAH SERTA KAWASAN PERMUKIMAN DI KAWASAN ADAT (STUDI KASUS : KAWASAN ADAT BADUY, KABUPATEN LEBAK)

AJENG OKTAVIA PERDANAWATI, 153060084 and Ari Djatmiko, DS and Deden Syarifudin, DS (2019) KAJIAN NORMA DAN STANDAR RUMAH SERTA KAWASAN PERMUKIMAN DI KAWASAN ADAT (STUDI KASUS : KAWASAN ADAT BADUY, KABUPATEN LEBAK). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Ajeng Oktavia_153060084_Perencanaan Wilayah dan Kota(1).pdf

Download (773kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Masyarakat Baduy merupakan salah satu kelompok masyarakat yang masih memegang teguh kearifan lokal yang ada di wilayahnya. Kekhasan dan keunikan pada masyarakat Baduy salah satunya dapat dilihat pada rumah dan kawasan permukiman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai kearifan budaya lokal untuk mendukung norma dan standar perencanaan yang berkaitan dengan rumah dan kawasan permukiman Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data meliputi pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, evaluatif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat relasi antara norma dan standar perencanaan rumah dan kawasan permukiman dengan rumah dan kawasan permukiman di Kawasan Baduy. Seperti pemanfaatan sungai dan mata air untuk sumber air bersih dan sanitasi atau pemanfaatan jalan diantara rumah yang difungsikan untuk saluran drainase karena masyarakat Baduy tidak dengan khusus membuat saluran drainase. Adapun rekomendasi yang diberikan penulis dari hasil penelitian ini adalah pemanfaatan celah pada dinding jika berbahan bilik anyaman bambu untuk ventilasi atau penghawaan rumah, selain itu pada kawasan permukiman dapat memanfaatkan jalan diantara rumah yang berbahan dasar batu untuk mengkonservasi sistem air agar air meresap kembali ke dalam tanah untuk pengganti fungsi drainase. Keyword : Rumah, Kawasan Permukiman, Norma, Standar, Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Rumah, Kawasan Permukiman, Norma, Standar, Kearifan Lokal
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Sep 2019 08:03
Last Modified: 27 Sep 2019 08:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44563

Actions (login required)

View Item View Item