AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK PADA SAMSAT KABUPATEN SUMEDANG (Studi kasus: Pelayanan pajak kendaraan pribadi roda empat)

Egi Muhamad Ramdan, 152010199 (2019) AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK PADA SAMSAT KABUPATEN SUMEDANG (Studi kasus: Pelayanan pajak kendaraan pribadi roda empat). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (71kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Akuntabilitas Pelayanan Publik (pelayanan perpanjangan pajak kendaraan pribadi roda empat) di kantor samsat sumedang. Adapun tujuan yang akan di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Akuntabilitas Pelayanan Publik (pelayanan perpanjangan pajak kendaraan pribadi roda empat) yang di laksanakan oleh kantor samsat sumedang. Penelitian ini adalah penelitan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sub.bagian Tata usaha, Kepala kasi pendataan dan penetapan, pengadministrasi umum serta beberapa masyarakat. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis sebelum dilapangan, analisis selama dilapangan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk mewujudkan akuntabilitas pelayanan publik dengan menggunakan prinsip-prinsip peyelenggaraan pelayanan publik menurut Mahmudi dengan indikator: Kesederhanaan prosedur, kejelasan (Persyaratan dan Biaya), kepastian waktu, akurasi produk pelayanan, kelengkapan sarana dan prasarana, keamanan, tanggungjawab, kemudahan akses, kenyamanan. Hasil penelitian berdasarkan indikator tersebut menunjukan bahwa Akuntabilitas Pelayanan Publik (pelayanan perpanjangan pajak kendaraan pribadi roda empat) di Kantor samsat sumedang belum dapat terlaksana dengan baik karena dalam proses pertanggungjawaban pelayanan pajak kendaraan bermotor yang di laksanakan tersebut masih harus di lakukan berbagai pembenahan khususnya terkait dengan kenyamanan sarana dan prasarana dan juga sosialisasi bagi masyarakat yang belum mengetahui tentang cara pembayaran online, serta kedisiplinan petugas yang masih belum terlaksana dengan baik maka aparatur pemberi pelayanan harus dapat memiliki tanggung jawab pelayanan publik yang lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat di Tarik kesimpulan bahwa:Akuntabilitas pelayanan publik (perpanjangan pajak kendaraan pribadi roda empat) pada samsat sumedang belum dapat terlaksana dengan baik karena dalam proses pertanggungjawaban pelayanan pajak kendaraan bermotor yang di laksanakan tersebut masih harus di lakukan berbagai pembenahan, Saran dari Penulis adalah Perlu pembenahan di dalam sarana dan prasarana agar masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan lebih nyaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Sep 2019 07:42
Last Modified: 27 Sep 2019 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44559

Actions (login required)

View Item View Item