PROSES ADAPTASI MAHASISWA PERANTAU YANG MENGALAMI CULTURE SHOCK DI KOTA BANDUNG (Proses Adaptasi Mahasiswa Perantau yang Berasal dari Provinsi Riau)

M Fadhillah Ikbal, 152050333 (2019) PROSES ADAPTASI MAHASISWA PERANTAU YANG MENGALAMI CULTURE SHOCK DI KOTA BANDUNG (Proses Adaptasi Mahasiswa Perantau yang Berasal dari Provinsi Riau). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PROSES ADAPTASI MAHASISWA YANG MENGALAMI CULTURE SHOCK DI KOTA BANDUNG” khususnya mahasiswa yang berasal dari Riau. Penelitian ini di fokuskan untuk memahami proses adaptasi mahasiswa perantau asal riau dalam menghadapi culture shock di kota Bandung. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui proses adaptasi mahasiswa perantau asal Riau di kota Bandung. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana fase perencanaan , honeymoon, frustation, readjusment, dan resolution saat merantau di kota Bandung. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan didasari teori Neuman yaitu membuat satu gambaran dengan kata kata atau angka dengan menampilkan profil dan klarifikasi untuk menjawab pertanyaan pertanyaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu mereduksi data, men-display data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Proses Adaptasi Mahasiswa Perantau yang Mengalami Culture Shock di Kota Bandung diperoleh hasil bahwa informan sangat antusias dengan pembahasan penelitian ini. Mereka memiliki fase perencanaan sampai fase resolution yang berbeda-beda. Namun beberapa informan memiliki fase-fase yang sama dikarenakan mahasiswa perantau terlalu tidak menganggap serius dengan adanya proses adaptasi budaya dan adanya culture shock atau geger budaya. Rekomendasi yang ingin disampaikan peneliti adalah bahwa mahasiswa jangan menganggap bahwa merantau itu mudah, karena disana terjadi persatuan dua budaya yang berbeda dan bisa menimbulkan culture shock atau geger budaya. Culture shock ini sendiri bisa menimbulkan dampak yang cukup merugikan bagi perkuliahan atau kegiatan mahasiswa selama ada di kota Bandung. Maka dari itu mahasiswa khususnya Riau seharusnya menyiapkan rencana dan persiapan yang matang sebelum ingin merantau di kota Bandung. Kata Kunci : Proses Adaptasi, Mahasiswa dari Riau, Geger Budaya

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Sep 2019 07:00
Last Modified: 27 Sep 2019 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44555

Actions (login required)

View Item View Item