PENELITIAN KEANDALAN DAN RENCANA JADWAL PREVENTIVE MAINTENANCE MESIN CETAK KOMORI SPRINT 101 (STUDI KASUS : CV. GENESINDO OFFSET SAPAN KAB. BANDUNG)

FAHRI SEPTIAN, 143010153 and Sutarman, DS (2019) PENELITIAN KEANDALAN DAN RENCANA JADWAL PREVENTIVE MAINTENANCE MESIN CETAK KOMORI SPRINT 101 (STUDI KASUS : CV. GENESINDO OFFSET SAPAN KAB. BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
FAHRI SEPTIAN_143010153_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (699kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Maintenance atau pemeliharaan mesin ditujukan agar dapat mengurangi frekuensi kerusakan dan mengurangi lamanya waktu kerusakan. Dengan pelaksanaan perawatan mesin yang baik dan efisien, maka dapat mempertahankan waktu penyelesaian produk, menjaga mutu produk, mengurangi biaya kerusakan yang tidak diharapkan, serta menjaga agar fasilitas produksi dapat digunakan dengan baik. Permasalahan yang dihadapi CV. Genesindo Offset ini adalah kerusakan yang terjadi sewaktu-waktu menyebabkan adanya corrective maintenance yang menimbulkan adanya downtime dan berhentinya proses produksi serta biaya perawatan yang semakin besar sehingga menimbulkan kerugian yang cukup berarti bagi perusahaan. Obyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah mesin cetak yaitu mesin yang digunakan untuk memberikan warna terhadap kertas sesuai dengan design yang dibuat. Yang selanjutnya akan menjadi halaman isi buku atau cover buku. Metode penelitian yang digunakan adalah Reliability Centered Maintenance dengan memadukan analisis kualitatif untuk tindakan perawatan berdasarkan penyebab kegagalan serta efek yang timbul dari kegagalan, sedangkan analisa kuantitatif untuk penentuan interval perawatan dengan mempertimbangkan biaya perbaikan dan perawatan komponen yang timbul dari kegagalan tersebut. Kata Kunci : Perawatan, Reliability Centered Maintenance, Preventive Maintenance, Corrective Maintenance, Breakdown Mesin.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 27 Sep 2019 03:05
Last Modified: 27 Sep 2019 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44537

Actions (login required)

View Item View Item