KERJASAMA KEMENTERIAN PENDIDIKAN REPUBLIK INDONESIA DAN KEMENTERIAN SINGAPURA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI INDONESIA

Insie Amalia Soleh, 152030065 (2019) KERJASAMA KEMENTERIAN PENDIDIKAN REPUBLIK INDONESIA DAN KEMENTERIAN SINGAPURA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Bab-2.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab-1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.png

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia, keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Tujuan lain dari kerjasama pendidikan Indonesia - Singapura adalah memperluas bakat pemimpin masa depan dengan mengusahakan dan mendapatkan individuindividu luar biasa yang kurang kesempatan mengembangkan pendidikannya. Kerangka pemikiran yang bersifat deduktif, yang memuat teori-teori yang bersifat premis mayor, yaitu : Hubungan Internasional, Kerjasama Bilateral dan Diplomasi Budaya, sedangkan premis minornya, yaitu : Pendidikan Indonesia, Pendidikan Singapura dan Komptensi Guru Indonesia. Tujuan penelitian adalah : a) Untuk mengetahui dinamika kerjasama pendidikan Kementerian Pendidikan Indonesia dan Kementerian Singapura; b) Untuk mengetahui kebijakan pemerintah meningkatkan kompetensi guru di Indonesia, dan c) Untuk megetahui implementasi program kerja yang diberikan pemerintah oleh Singapura untuk guru Indonesia mampu meningkatkan kompetensi guru di Indonesia. Penelitian skripsi ini menggunakan metode deskriptif analitis dan historis analitis yang disertai teknik pengumpulan data kepustakaan serta mengadakan kunjungan ke instansi-instansi terkait guna mendapatkan data yang mendukung permasalahan dalam judul skripsi yang penulis bahas. Berdasarkan teori-teori Ilmu Hubungan Internasional, penulis mengajukan hipotesis : “Jika kebijakan Kementerian Pendidikan Guru Indonesia – Singapura diarahkan untuk meningkatkan kompetisi guru di Indonesia, maka kualitas guru di Indonesia akan baik”. Berdasarkan pengujian hipotesis, penulis menyimpulkan bahwa kerjasama Kementerian Pendidikan Republik Indonesia dengan Kementerian Pendidikan Singapura sebagai mitra kerjasama pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia merupakan langkah yang positif, karena menjadi lembaga pendanaan pendidikan guru yang memiliki pengalaman luas dalam pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia. Kata kunci : Kerjasama Pendidikan Indonesia – Singapura.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:11
Last Modified: 27 Sep 2019 02:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44531

Actions (login required)

View Item View Item