PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

KHAERUN NISA, 155020090 (2019) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK INDO.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XII IPS di SMA Nasional Bandung, (ii) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XII IPS di SMA Nasional Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan subjek berjumlah 55 siswa kelas XII IPS tahun ajaran 2019/2020 di SMA Nasional. Analisis yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 24.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai : (i) Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diketahui keterampilan mengajar guru dipengaruhi oleh minat belajar sebesar 47,9% dan sebagian lainnya sebesar 52,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, (ii) Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diketahui keterampilan mengajar guru dipengaruhi oleh keaktifan siswa sebesar 42,1% dan sebagian lainnya sebesar 57,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Peneliti menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (i) bagi siswa, siswa diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan keaktifan di kelas, agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.. (ii) bagi guru, guru mata pelajaran ekonomi diharapkan mampu meningkatkan keterampilan mengajar dengan menggunakan teknik mengajar yang dapat menarik siswa agar lebih aktif di kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal iii) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menyempurakan penelitian yang telah dilakukan. Juga diharapkan penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan cakupan objek yang lebih luas dan mengembangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi keterampilan mengajar guru. Kata Kunci : Keterampilan mengajar guru, minat belajar, dan keaktifan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:51
Last Modified: 26 Sep 2019 07:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44522

Actions (login required)

View Item View Item