Taufik Zulfikar, NPM : 159010020 (2019) KINERJA MANAJEMEN KERELASIAN PELANGGAN DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MEWUJUDKAN KEUNGGULAN BERSAING DAN LOYALITAS PELANGGAN ( SURVEI PADA PELANGGAN HOTEL DI JAWA BARAT ). Disertasi(S3) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.
Text
Artikel Taufik Zulfikar.docx Download (71kB) |
Abstract
Keunggulan bersaing merupakan faktor penting untuk memenangi persaingan. Kerelasian pelanggan dan komunikasi pemasaran terpadu merupakan variabel-varibel yang dapat menjadikan suatu perusahaan memiliki keunggulan bersaing. Loyalitas pelanggan adalah wujud dari memenangi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen kerelasian pelanggan dan komunikasi pemasaran terpadu terhadap keunggulan bersaing dan implikasinya terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey deskriptif dan ekplanatori, dengan alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Unit analisis yang digunakan adalah hotel bintang di Jawa Barat, dengan unit observasi 400 orang pelanggan hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen kerelasian pelanggan dan komunikasi pemasaran terpadu terhadap keunggulan bersaing baik secara simultan maupun parsial dan terdapat pengaruh keunggulan bersaing terhadap loyalitas pelanggan. Komitmen menjadi dimensi pendorong terbesar kerelasian pelanggan, komunikasi personel menjadi pendorong terbesar komunikasi pemasaran terpadu, keunggulan biaya menjadi pendorong terbesar keunggulan bersaing dan pembelian berulang menjadi pendorong terbesar loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Manajemen kerelasian pelanggan, Komunikasi pemasaran, Keunggulan bersaing, Loyalitas pelanggan
Item Type: | Thesis (Disertasi(S3)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 07:04 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 07:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44520 |
Actions (login required)
View Item |