PENGARUH KONSENTRASI PELARUT DAN LAMA EKSTRAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK KONSENTRAT FLAVOR ALAMI BUAH CEMPEDAK (Artocarpus integer (Thunb.) Merr.)

Ocke Octavia, 143020293 and Asep Dedy Sutrisno, DS and Hervelly, DS (2019) PENGARUH KONSENTRASI PELARUT DAN LAMA EKSTRAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK KONSENTRAT FLAVOR ALAMI BUAH CEMPEDAK (Artocarpus integer (Thunb.) Merr.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
OCKE OCTAVIA_143020293_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (483kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil buah-buahan eksotik, salah satunya adalah buah cempedak (Artocarpus integer (Thunb.) Merr.). Buah ini memiliki ciri khas yaitu aroma yang harum dan merangsang selera serta salah satu sumber flavor alami. Komponen utama dalam cempedak perlu diketahui sebagai bahan referensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi pelarut dan lama ekstraksi terhadap karakteristik konsentrat flavor cempedak. Rancangan percobaan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3 x 3 dan ulangan sebanyak 3 kali. Perlakuan pada penelitian ini menggunakan 2 faktor yaitu: Faktor (P) konsentrasi etanol (96%, 70%, 44%) dan faktor (E) lama ekstraksi (18 jam, 24 jam, 30 jam). Pengamatan karakteristik produk akhir menggunakan respon organoleptik, kadar air, aktivitas antioksidan, kadar alkohol, analisis GC-MS, dan jumlah rendemen. Faktor konsentrasi pelarut berpengaruh terhadap kadar air, aktivitas antioksidan, kadar alkohol dan jumlah rendemen. Faktor lama ekstraksi berpengaruh terhadap kadar air, aktivitas antioksidan, kadar alkohol, dan jumlah rendemen. Interaksi antara kedua faktor berpengaruh terhadap kadar air, aktivitas antioksidan, kadar alkohol dan jumlah rendemen. Berdasarkan hasil pemilihan sampel terpilih dengan organoleptik uji ranking didapatkan yaitu pada perlakuan p1e3 (konsentrasi pelarut 96% dan lama ekstraksi 30 jam) memiliki 44 senyawa komponen aktif, dan komponen paling banyak memberikan karakter aroma buah cempedak yaitu 2,5-Dimethyl-4-hydroxy-3(2H)-furanone dengan nilai kadar air 68,82%, aktivitas antioksidan 1359,01 ppm, kadar alkohol 0,73% dan rendemen 20,17%. Kata Kunci : cempedak, flavor, ekstraksi, dan GC-MS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 26 Sep 2019 03:10
Last Modified: 26 Sep 2019 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44483

Actions (login required)

View Item View Item