FORMULASI STRATEGI PEMASARAN RELASIONAL DALAM MENCIPTAKAN NILAI PELANGGAN DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG FORMULATION OF RELATIONSHIP MARKETING STRATEGY IN CREATING CUSTOMER VALUE IN UNIVERSITY PGRI PALEMBANG

Juhaini Alie, NPM. 159010034 (2019) FORMULASI STRATEGI PEMASARAN RELASIONAL DALAM MENCIPTAKAN NILAI PELANGGAN DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG FORMULATION OF RELATIONSHIP MARKETING STRATEGY IN CREATING CUSTOMER VALUE IN UNIVERSITY PGRI PALEMBANG. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Jadi.docx

Download (122kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan fenomena, dimana hampir semua Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Palembang mengalami penurunan dalam penerimaan mahasiswa dan kolab/tutup. Penyebabnya adalah Pemerintah membebaskan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menerima mahasiswa tanpa batasan dengan berbagai jalur, banyak berdiri PTS dan adanya kuliah jarak jauh. Tujuan penelitian untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis formulasi strategi PR dalam menciptakan nilai yang berimplikasi pada PMB. Metode penelitian ini berjenis kualitatif, bersifat eksploratory research dan pendekatan induktif. Sumber datanya melalui observasi dan wawancara ke sivitas akademika UPGRI, asosiasi dan expert judgement. Hasil analisis dan interpretasi atas temuan data terkait penelitian ini menunjukkan bahwa analisis SWOT PR menghasilkan beberapa alternatif strategi, sedangkan formulasi strategi pemasaran relasional dalam upaya menciptakan nilai pelanggan di UPGRI Palembang masih belum sepenuhnya dilakukan. UPGRI yang berupaya untuk menciptakan nilai dengan cara merubah pola pemasaran transaksional ke relasional yang mengacu pada elemen pemasaran, pelayanan dan kualitas. Strategi PR yang sudah diimplementasikakan dalam kegiatan promosi UPGRI sudah terbukti dapat meningkatkan PMB sebesar 30% dimana pelaksanaan strategi tersebut belum sepenuhnya digunakan dalam kegiatan pemasaran, dan UPGRI sendiri masih tetap menggunakan strategi pemasaran transaksional walaupun hanya 20% yang dgunakan untuk awareness. UPGRI juga berusaha untuk menciptakan nilai dari penggunakan strategi PR dengan cara menggunakan taktik NICE (network, interaction, common interest dan experience). Kata Kunci : Analisis SWOT, Formulasi Strategi PR, Strategi NICE, Sivitas Akademika UPGRI, Asosiasi PTS dan Expert Judgement.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Sep 2019 01:58
Last Modified: 26 Sep 2019 01:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44474

Actions (login required)

View Item View Item