PERSEPSI GAMERS TENTANG MICROTRANSACTIONS DI PASAR GAME STEAM

Dimas Adam Prabowo, 152050385 (2019) PERSEPSI GAMERS TENTANG MICROTRANSACTIONS DI PASAR GAME STEAM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh perkembangan Microtransactions di dalam game terutama game-game yang dijual di Steam yang setiap tahunnya berkembang sangat cepat, dengan skripsi yang berjudul “PERSEPSI GAMERS TERHADAP MICROTRANSACTIONS DI PASAR GAME STEAM”. Penelitian ini bertujuan untunk mengetahui apa persepsi yang melandasi gamers membeli item-item dan game di pasar Steam, Faktor apa yang melandasi gamers sehingga bisa membeli barang yang tidak memilki bentuk secara fisik ditukarkan dengan uang asli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentsi, pembahasan dianalisis melalui hasil wawancara mendalam, informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang terdiri dari 8 orang informan kunci yang terdiri dari gamers yang pernah melakukan microtransactions dan 1 orang informan ahli adalah seorang Dosen Fisip Unpas. Penelitian dilakukan dengan cara bertemu langsung di beberapa lokasi di kota bandung diantaranya Asrama Mahasiswa Gunung Tajam, Cafe Upnormal dan via telfon. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori Persepsi dengan mendalami bagaimana sensasi, antensi dan interpretasi yang dialami gamers yang melakukan microtransactions dan juga dikaitkan dengan CMC (Computer mediated communcations) untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terjadi dalam fitur microtransactions itu sendiri. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil dari wawancara dan observasi ditemukan bahwa hampir seluruh gamers memilki persepsi yang sama terhadap microtransactions. Gamers yang membeli game dan item dalam game bertujuan untuk mendapatkan kepuasan di dalam game, item yang memilki nilai lebih di dalam game yang sedang banyak dimainkan juga menjadi pemicu gamers ingin melakukan microtransactions di dalam game serta faktor eksistensi yang ingin di dapatkan di dalam game. Rekomendasi peneliti kedepannya untuk gamers kedepannya agar bisa lebih memanfaatkan fitur-fitur pendukung yang di sediakan pasar game seperti steam untuk mempermudah gamers dalam menunjang kegiatan jual beli item dan game di Steam Kata Kunci: Gamers, Microtransactions, Steam

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Sep 2019 05:41
Last Modified: 25 Sep 2019 05:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44452

Actions (login required)

View Item View Item