PENGARUH PERSAINGAN USAHA TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN WARUNG BAKSO IYAN (MIE BAKSO KUAH)

Muhamad Janwar Sudrajat, 152040117 (2019) PENGARUH PERSAINGAN USAHA TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN WARUNG BAKSO IYAN (MIE BAKSO KUAH). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK sunda.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ABSTRACT inggris.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka Finish.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. bab 1 ASHIAP revisi.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II ASHIAP Revisi.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI revisi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar peng.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Warung Bakso Iyan merupakan usaha kuliner bergerak dibidang makanan yang menyediakan makanan cepat saji salah satunya adalah Mie Bakso Kuah. Permasalahan yang dihadapi adalah belum tercapainya penjualan yang di tetapkan Warung Bakso iyan karena adanya persaingan usaha terhadap peningkatan volume penjualan dan disebabkan adanya kualitas produk dan keunikan produk yang di jual pesaing yaitu Mie Bakso Kuah kesamaannya dari hal bentuk bakso, bentuk mie yang sama dan dari rasa sambal yang sama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pengumpulan data melalui kuisioner, observasi dan wawancara. Kuisioner disebarkan kepada seluruh karyawan Warung Bakso Iyan sebanyak 15 orang. Sehingga teknik pengambilan sampel adalah secara sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan korelasi dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diketahui bahwa persaingan usaha pada Warung Bakso Iyan berada pada taraf yang baik. Namun persaingan usaha yang belum dilakukan secara optimal oleh perusahaan, sehingga jumlah penjualan, target penjualan dan laba yang diperoleh perusahaan belum maksimal. Hasil pengujian statistic diperoleh bahwa terdapat pengaruh persaingan usaha terhadap peningkatan volume penjualan di Warung Bakso Iyan (Mie Bakso Kuah) yaitu ditunjukan dengan persamaan regresi Y = 0,728 + 0,924 X, artinya apabila kegiatan persaingan usaha dilakukan optimal maka peningkatan penjualan akan meningkat, tetapi apabila kegiatan persaingan usaha dilakukan kurang optimal maka penjualan akan menurun. Nilai koefisien korelasi adalah sebesar 0,918 dan koefisien determinasi 84,27%. Dengan demikian persaingan usaha mempengaruhi peningkatan penjualan sebesar 84,27% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti seperti brand pesaing, tempat pesaing. Hambatan-hambatan yang dihadapi Warung Bakso Iyan Tangerang adalah harga produk yang ditetetapkan pesaing lebih terjangkau yaitu harga pesaing lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditetapkan oleh Warung Bakso Iyan sehingga kurang menarik perhatian konsumen. Terdapat kesamaan produk diantara Warung Bakso Iyan dan pesaing adanya kesamaan dari produk Mie Bakso Kuah yang disajikan. Saran-saran yang dapat peneliti berikan yaitu lebih memanfaatkan mencoba menurunkan harga Mie bakso kuah tetapi menjaga kualitasnya agar tetap pelanggan tidak merasa kecewa dengan begitu harga dengan pesaing menjadi sama tapi beda kualitasnya dengan produk Mie Bakso kuah di Warung Bakso Iyan dan membedakan bentuk bakso dengan mie nya di antara para pesaing lainnya agar konsumen tetap berlangganan, lalu memperhatikan faktor lain seperti brand pesaing, tempat pesaing. Kata Kunci : Persaingan usaha, Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 24 Sep 2019 06:26
Last Modified: 24 Sep 2019 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43942

Actions (login required)

View Item View Item