KONVERGENSI MEDIA RADIO REPUBLIK INDONESIA BANDUNG (Studi Fenomenologi Konvergensi Media di Radio Republik Indonesia Pro 2 Bandung)

Bayu Muhamad Ravi, 152050101 (2019) KONVERGENSI MEDIA RADIO REPUBLIK INDONESIA BANDUNG (Studi Fenomenologi Konvergensi Media di Radio Republik Indonesia Pro 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “KONVERGENSI MEDIA RADIO REPUBLIK INDONESIA BANDUNG (Studi Fenomenologi Konvergensi Media di Radio Republik Indonesia Pro 2 Bandung).” Konvergensi media adalah bergabungnya atau terkombinasinya berbagai jenis media, yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda ke dalam sebuah media tunggal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui konvergensi media di RRI Bandung terlebih RRI Pro 2 Bandung, mengetahui bagaimana motif konvergensi media di RRI Bandung, mengetahui bagaimana tindakan konvergensi media di RRI Bandung serta mengetahui makna dari audience RRI Pro 2 Bandung terhadap konvergensi media di RRI Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi dari Alfred Schutz. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yaitu observasi lapangan dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa motif Konvergensi Media RRI Bandung karena mengikuti perkembangan teknologi dan untuk meraih lebih banyak audience. Selain itu, motif audience menggunakan platform hasil dari konvergensi media RRI Bandung yakni untuk mengakses informasi maupun hiburan dimanapun dan kapanpun sehingga kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. Tindakan Konvergensi Media RRI Bandung muncul atas respon perkembangan teknologi dan banyaknya media di Indonesia telah melakukan konvergensi media serta mengikuti arahan dari RRI Pusat. Tindakan audience yang dalam menggunakan platform hasil dari konvergensi media RRI Bandung terjadi karena diberitahu baik secara langsung oleh orang-orang sekitar RRI Bandung maupun tidak langsung dengan melalui spot promo siaran. Audience memaknai konvergensi media yang dilakukan RRI Bandung dengan sangat terbuka dan mendukung, serta memaknai dengan positif. Kata kunci : Fenomenologi, Konvergensi Media, RRI Bandung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 24 Sep 2019 05:52
Last Modified: 24 Sep 2019 05:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43937

Actions (login required)

View Item View Item