PENGARUH KONSENTRASI GARAM (NaCl) DAN PENAMBAHAN KONSENTRASI TEPUNG BERAS (Oryza sativa L.) TERHADAP KARAKTERISTIK TAUCO KERING

DINI PRATIWI, 143020234 and Ina Siti Nurminabari, Dosen and Dede Zainal Arief, DS (2019) PENGARUH KONSENTRASI GARAM (NaCl) DAN PENAMBAHAN KONSENTRASI TEPUNG BERAS (Oryza sativa L.) TERHADAP KARAKTERISTIK TAUCO KERING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
DINI PRATIWI_143020234_TEKNOLOGI PANGAN (1).pdf

Download (277kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi garam dan konsentrasi tepung beras terhadap karakteristik tauco kering. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi dan referensi mengenai pembuatan produk tauco kering, menambah alternatif penganekaragaman produk olahan pangan berbahan baku kacang kedelai yaitu tauco kering, meningkatkan nilai ekonomis kacang kedelai, menghasilkan produk pangan yang dapat diterima dan dikonsumsi oleh masyarakat, meningkatkan wawasan peneliti tentang produk hasil fermentasi yaitu tauco khusunya tauco kering. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 dengan 3 kali ulangan. Faktor dari ulangan ini adalah konsentrasi garam (G) dengan 3 taraf perlakuan yaitu 10% (g1), 15% (g2), 20% (g3) dan konsentrasi tepung beras (T) dengan 3 taraf yaitu 0% (t1), 5% (t2), 10% (t3). Hasil penelitian terhadap sifat kimia, mikrobiologi dan sifat organoleptik secara hedonik, menunjukkan bahwa Konsentrasi garam memberikan pengaruh nyata terhadap warna, aroma, rasa, protein, kadar air dan lemak tetapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap konsistensi. Konsentrasi tepung beras memberikan pengaruh nyata terhadap kadar air tetapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap warna, aroma, rasa, konsistensi, protein dan lemak. Interaksi konsentrasi garam dan tepung beras memberikan pengaruh nyata terhadap kadar air tetapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap warna, aroma, rasa, konsistensi, protein, dan lemak. Kata kunci : tauco kering, garam, tepung beras, kedelai.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:54
Last Modified: 24 Sep 2019 04:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43928

Actions (login required)

View Item View Item