PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SWASTA SE-KECAMATAN CIBEUNYING KALER

KEKE WULANSARI KOWOMBON, 155020055 (2019) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SWASTA SE-KECAMATAN CIBEUNYING KALER. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka keke.pdf

Download (548kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) bagaimana penerapan kompetensi pedagogik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler, (ii) bagaimanakah penerapan kompetensi kepribadian pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler, (iii) bagaimanakah penerapan kompetensi profesional pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler, (iv) bagaimanakah penerapan kompetensi sosial pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler, dan (v) seberapa besar pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan subjek berjumlah 85 peserta didik. Analisis yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (i) kompetensi pedagogik guru di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler sebesar 3,34 dengan kategori “baik”, (ii) kompe tensi kepribadian guru di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler sebesar 3,28 dengan kategori “baik”, (iii) kompetensi profesional guru di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler sebesar 3,22 dengan kategori “baik”, (iv) kompetensi sosial guru di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler sebesar 2,59 dengan kategori “cukup baik”, dan (v) adanya pengaruh antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,31 atau 31% dan sisanya 69% dipengaruhi oleh faktor lain. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (i) bagi sekolah, diharapkan menyelenggarakan pendidikan yang bermutu guna meningkatkan kualitas pendidikan, (ii) bagi guru, diharapkan mampu meningkatkan kompetensi guru, (iii) bagi peserta didik, diharapkan bisa memotivasi diri agar tidak bergantung pada guru, dan (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan sebagai bahan penelitian yang serupa tetapi dengan faktor lain, ide maupun sudut pandang yang berbeda sehingga dapat memberikan sumbangan pemikiran yang lebih baik terkait dengan kompetensi guru dan hasil belajar. Kata Kunci: Kompetensi guru, hasil belajar, mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:36
Last Modified: 24 Sep 2019 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43920

Actions (login required)

View Item View Item