KEKE WULANSARI KOWOMBON, 155020055 (2019) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SWASTA SE-KECAMATAN CIBEUNYING KALER. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (517kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
daftar pustaka keke.pdf Download (548kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) bagaimana penerapan kompetensi pedagogik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler, (ii) bagaimanakah penerapan kompetensi kepribadian pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler, (iii) bagaimanakah penerapan kompetensi profesional pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler, (iv) bagaimanakah penerapan kompetensi sosial pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler, dan (v) seberapa besar pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan subjek berjumlah 85 peserta didik. Analisis yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (i) kompetensi pedagogik guru di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler sebesar 3,34 dengan kategori “baik”, (ii) kompe tensi kepribadian guru di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler sebesar 3,28 dengan kategori “baik”, (iii) kompetensi profesional guru di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler sebesar 3,22 dengan kategori “baik”, (iv) kompetensi sosial guru di SMA Swasta Sekecamatan Cibeunying Kaler sebesar 2,59 dengan kategori “cukup baik”, dan (v) adanya pengaruh antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,31 atau 31% dan sisanya 69% dipengaruhi oleh faktor lain. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (i) bagi sekolah, diharapkan menyelenggarakan pendidikan yang bermutu guna meningkatkan kualitas pendidikan, (ii) bagi guru, diharapkan mampu meningkatkan kompetensi guru, (iii) bagi peserta didik, diharapkan bisa memotivasi diri agar tidak bergantung pada guru, dan (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan sebagai bahan penelitian yang serupa tetapi dengan faktor lain, ide maupun sudut pandang yang berbeda sehingga dapat memberikan sumbangan pemikiran yang lebih baik terkait dengan kompetensi guru dan hasil belajar. Kata Kunci: Kompetensi guru, hasil belajar, mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 03:36 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 03:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43920 |
Actions (login required)
View Item |