IDENTIFIKASI KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DI KAWASAN RAWAN BENCANA KABUPATEN PANGANDARAN TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI

YAYA SUPARYA, 123060063 and Firmansyah, DS and Furi Sari Nurwulandari, Dosen PWK Unpas (2019) IDENTIFIKASI KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DI KAWASAN RAWAN BENCANA KABUPATEN PANGANDARAN TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
YAYA SUPARYA_123060063_TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAKS Indonesia telah kehilangan ratusan ribu penduduk akibat bencana gempa bumi dan tsunami. Banyaknya korbanjiwa menggambarkan bahwa persiapan dan kesiapsiagaan masyarakat masih rendah, terutama dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kepedulian akan fenomena alam ini dan bencana yang diakibatkannya. Pemerintah dan masyarakat Indonesia selama ini memfokuskan pengelolaan bencana pada kegiatan tanggap darurat dan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana. Kesiapsiagaan masyarakat belum menjadi prioritas kegiatan. Bencana gempa dan tsunami pada tahun 2006 yang maha dahsyat di Kabupaten Pangandaran merupakan momentum untuk merubah paradigma pengelolaan bencana dengan cara meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat di Kawasan Rawan Bencana Kabupaten Pangandaran dalam mengantisipasi bencana. kesiapsiagaan masyarakat karena itu menjadi sangat penting dan urgent untuk dilakukan agar dapat mengurangi risiko bencana. Tujuan dari studi ini ialah mengetahui kesiapsiagaan masyarakat di Kawasan Rawan bencana Kabupaten Pangandaran dalam meghadapi bencana gempa bumi dan tsunami yang digambarkan melalui sikap dan perilaku masyarakat terhadap ancaman bencana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan melihat parameter dan indikator kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana. Parameter kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana yang digunakan ada 5 (lima) Faktor , yaitu faktor pengetahuan dan sikap, rencana tanggap darurat, sistem peringatan bencana, mobilisasi sumberdaya serta modal sosial. Hasil dari penelitian ini adalah kesiapsiagaan masyarakat di Kawasan Rawan Bencana Kabupaten Pangandaran terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Berdasarkan Parameter kesiapsiagaan masyarakat yang mengemukakan persentase di tiap-tiap kecamatan di nilai dalam faktor kesiapsiagaan Masyarakat yaitu faktor pengetahuan dan sikap, rencana tanggap darurat, sistem peringatan bencana, mobilisasi sumberdaya serta modal sosial. Namun demikian, kesiapsiagaan masyarakat Kawasan Rawan Bencana Kabupaten Pangandaran iv terhadap bencana gempa bumi dan tsunami masih dapat ditingkatkan baik oleh masyarakat, pemerintah tingkat kecamatan maupun pemerintah tingkat kabupaten, antara lain dengan menambah kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan tindakan penyelamatan bancana. Kata kunci: Kawasan Rawan Bencana, Kesiapsiagaan, Masyarakat, Gempa Bumi, Tsunami.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:23
Last Modified: 24 Sep 2019 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43917

Actions (login required)

View Item View Item