Akhmad Sobarna, Ds (2019) PENERAPAN MEDIA VISUAL BERGERAK TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani 2017, 4 November 2017, UPI Sumedang.
Text
Buku Prosiding Prodi Penjas Full.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui penerapan media visual bergerak terhadap hasil belajar lompat jauh, (2) Mengetahui pengaruh penerapan non media visual bergerak terhadap hasil belajar lompat jauh dan (3) Mengetahui perbedaan antara penerapan media visual bergerak dan non media visual bergerak terhadap hasil belajar lompat jauh. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI (sebelas) Listrik SMK Taruna Mandiri yang berjumlah 116 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah 32 orang dari siswa kelas XI dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.. Dari hasil penghitungan terlihat bahwa perbedaan rata-rata antara pre test dan post test terjadi secara tidak signifikan terhadap kelompok kontrol (tanpa penerapan media visual bergerak) 194,88 sedangkan rata-rata kelompok eksperimen (dengan penerapan media visual bergerak) 200,00 dalam pembelajaran lompat jauh. Hasil perhitungan t perbandingan perbedaan dua hasil pembelajaran 1,46 lebih kecil dari t Tabel 1,68. Dengan demikian dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menggunakan media visual bergerak dan konvensional (non visual bergerak) terhadap hasil belajar lompat jauh. Kata Kunci : Media Visual Bergerak, Hasil Belajar Lompat Jauh.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Visual Bergerak, Hasil Belajar Lompat Jauh. |
Subjects: | PROCEEDING |
Divisions: | Dokumen Unpas > 2018 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan Kosasih |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 02:43 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 02:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43910 |
Actions (login required)
View Item |