PEMANFAATAN NEW MEDIA MELALUI APLIKASI GOJEK

Rianawati, 152050112 (2019) PEMANFAATAN NEW MEDIA MELALUI APLIKASI GOJEK. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan New Media Melalui Aplikasi Gojek”, yang memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis aplikasi Gojek sebagai wujud implementasi adanya new media, serta kaitannya dengan etnografi media. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual. Kerangka teoretis yang digunakan yaitu teori komunikasi massa Mc Quail. Pelaksanaan penelitian ini yaitu pada aplikasi Gojek yang terdapat di gawai. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam memilih informan, peneliti menggunakan teknik purposive yaitu penelitimemilih informan menurut kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Gojek yang merupakan aplikasi dari perusahaan teknologi yang dapat diunduh melalui gawai memiliki banyak fitur seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Bluebird, Go-Food, Go-Tix, Go-Mart, Go-Shop, Go-daily, GoBills, Go-Med, Go-Glam, Go-Massage, Go-Fix, Go-Pulsa, Go-Send, Go-Box, GoDeals, Go-Clean dan Go-Laundry. Selain itu, Gojek juga merambah aksesnya yaitu Gopay sebagai media pembayaran pelbagai fitur tersebut. Terdapat pula Go-News, GoGive, Go-Komik, Novel, Game, dan ramalan. Fitur-fitur sarana layanan yang terdapat pada aplikasi Gojek merupakan wujud adanya perkembangan teknologi yang berdampak pada kebiasaan/kebudayaan juga perkembangan budaya di Indonesia. Rekomendasi dari peneliti diantaranya adalah untuk masyarakat agar selalu dan lebih bijak dalam menggunakan, berinteraksi dan memanfaatkan aplikasi mobile Gojek sebagai new media . Menggunakan Gojek juga sebagai wujud apresiasi karya anak bangsa Indonesia yang telah berinovasi membuat dan mengembangkan aplikasi Gojek sebagai sarana untuk membudahkan pencarian layanan jasa. Semoga hal ini juga dapat memicu semangat kita untuk membuat ide dan berinovasi seperti halnya Nadiem Makarim. Kunci: Aplikasi Gojek, Etnografi Virtual, Sistem Komunikasi Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 24 Sep 2019 01:37
Last Modified: 24 Sep 2019 01:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43905

Actions (login required)

View Item View Item