Rianawati, 152050112 (2019) PEMANFAATAN NEW MEDIA MELALUI APLIKASI GOJEK. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
| 
 | Text cover.pdf Download (123kB) | Preview | |
| 
 | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview | |
| 
 | Text LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (58kB) | Preview | |
| 
 | Text ABSTRACT.pdf Download (98kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB II.pdf Download (428kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB I.pdf Download (293kB) | Preview | 
Abstract
RINGKASAN Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan New Media Melalui Aplikasi Gojek”, yang memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis aplikasi Gojek sebagai wujud implementasi adanya new media, serta kaitannya dengan etnografi media. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual. Kerangka teoretis yang digunakan yaitu teori komunikasi massa Mc Quail. Pelaksanaan penelitian ini yaitu pada aplikasi Gojek yang terdapat di gawai. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam memilih informan, peneliti menggunakan teknik purposive yaitu penelitimemilih informan menurut kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Gojek yang merupakan aplikasi dari perusahaan teknologi yang dapat diunduh melalui gawai memiliki banyak fitur seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Bluebird, Go-Food, Go-Tix, Go-Mart, Go-Shop, Go-daily, GoBills, Go-Med, Go-Glam, Go-Massage, Go-Fix, Go-Pulsa, Go-Send, Go-Box, GoDeals, Go-Clean dan Go-Laundry. Selain itu, Gojek juga merambah aksesnya yaitu Gopay sebagai media pembayaran pelbagai fitur tersebut. Terdapat pula Go-News, GoGive, Go-Komik, Novel, Game, dan ramalan. Fitur-fitur sarana layanan yang terdapat pada aplikasi Gojek merupakan wujud adanya perkembangan teknologi yang berdampak pada kebiasaan/kebudayaan juga perkembangan budaya di Indonesia. Rekomendasi dari peneliti diantaranya adalah untuk masyarakat agar selalu dan lebih bijak dalam menggunakan, berinteraksi dan memanfaatkan aplikasi mobile Gojek sebagai new media . Menggunakan Gojek juga sebagai wujud apresiasi karya anak bangsa Indonesia yang telah berinovasi membuat dan mengembangkan aplikasi Gojek sebagai sarana untuk membudahkan pencarian layanan jasa. Semoga hal ini juga dapat memicu semangat kita untuk membuat ide dan berinovasi seperti halnya Nadiem Makarim. Kunci: Aplikasi Gojek, Etnografi Virtual, Sistem Komunikasi Indonesia
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015 | 
| Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan | 
| Date Deposited: | 24 Sep 2019 01:37 | 
| Last Modified: | 24 Sep 2019 01:37 | 
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43905 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        