PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SAKD) DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (Studi Pada Kantor Pemerintah Kota Cimahi)

MOCHAMAD RAHMAT ARMANSYAH, 124020270 and R. Muchamad Noch, Drs, M.Ak.,AK.,CA, Pembimbing I and Yana Rohdiana Hadiat,S.Kom.,M.Kom, Pembimbing II (2019) PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SAKD) DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (Studi Pada Kantor Pemerintah Kota Cimahi). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_20190920_085052_NEW.pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

i ABSTRAK Upaya pencegahan kecurangan dimulai dari pengendalian internal. Disamping pengendalian internal, dua konsep penting lainnya dalam pencegahan fraud, yakni menanamkan kesadaran tentang adanya kecurangan, pengawasan sistem informasi (otorisasi), dan upaya menilai resiko terjadinya kecurangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD), Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dan pencegahan fraud pada Kantor Pemerintah Kota Cimahi (PEMKOT Cimahi), serta untuk untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) terhadap pencegahan fraud pada Kantor Pemerintah Kota Cimahi (PEMKOT Cimahi) baik parsial dan simultan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 22 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Analisis data yang digunakan secara dekskriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP)pada Kantor Pemerintah Kota Cimahi cukup baik, sementara pencegahan fraud pada Kantor Pemerintah Kota Cimahi cukup baik. Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) terhadap pencegahan fraud secara parsial pada Kantor Pemerintah Kota Cimahi sebesar 27,2%, dan pengaruh Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) terhadap pencegahan fraud secara parsial pada Kantor Pemerintah Kota Cimahi sebesar 61,1%, sedangkan pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) terhadap pencegahan fraud secara simultan pada Kantor Pemerintah Kota Cimahi sebesar 88,3% Kata kunci : Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD), Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), Fraud

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: mr Nugraha Pangestu
Date Deposited: 20 Sep 2019 09:38
Last Modified: 20 Sep 2019 09:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43828

Actions (login required)

View Item View Item