PENGARUH PERBANDINGAN MINYAK KEDELAI DENGAN WHEY SUSU BUBUK DAN KONSENTRASI JERUK LEMON (Citrus limon) TERHADAP KARAKTERISTIK SALAD DRESSING LABU KUNING (Cucurbita maxima .L)

Rahayu Apriyanti, 143020165 and Dede Zainal Arief, DS and Tantan Widiantara, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN MINYAK KEDELAI DENGAN WHEY SUSU BUBUK DAN KONSENTRASI JERUK LEMON (Citrus limon) TERHADAP KARAKTERISTIK SALAD DRESSING LABU KUNING (Cucurbita maxima .L). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rahayu Apriyanti_143020165_Teknologi Pangan.pdf

Download (325kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh perbandingan minyak kedelai dengan whey susu bubuk dan konsentrasi jeruk lemon terhadap karakteristik salad dressing labu kuning dan bagaimana pengaruh interaksi antara perbandingan minyak kedelai dengan whey susu bubuk dan konsentrasi jeruk lemon terhadap karakteristik salad dressing labu kuning. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan faktorial 3x3 dalam rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A (perbandingan minyak kedelai dengan whey susu bubuk) yang terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (30%:14%), a2 (33%:11%), dan a3 (36%:8%) dan faktor B (konsentrasi jeruk lemon) yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (16%), b2 (18%), dan b3 (20%). Respon yang diukur dalam penelitian ini adalah respon fisik yang meliputi viskositas dengan metode Brookfield dan stabilitas emulsi dengan metode sentrifugasi, respon kimia yang diuji yaitu pH, kadar protein, dan kadar lemak, serta respon organoleptik (uji hedonik) terhadap warna, rasa, aroma, dan kekentalan. Berdasarkan hasil penelitian utama pengaruh perbandingan minyak kedelai dengan whey susu bubuk berpengaruh terhadap viskositas, stabilitas emulsi, pH, kadar protein, kadar lemak, warna, aroma, dan rasa salad dressing labu kuning. Pengaruh konsentrasi jeruk lemon berpengaruh terhadap viskositas, stabilitas emulsi, pH, kadar protein, kadar lemak, aroma, rasa, dan kekentalan salad dressing labu kuning. Pengaruh interaksi perbandingan minyak kedelai dengan whey susu bubuk dan konsentrasi jeruk lemon berpengaruh terhadap kadar protein, kadar lemak, warna, dan aroma salad dressing labu kuning. Kata Kunci: Minyak Kedelai, Whey Susu Bubuk, Jeruk Lemon, Labu Kuning, dan Salad Dressing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Sep 2019 04:39
Last Modified: 20 Sep 2019 04:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43808

Actions (login required)

View Item View Item