PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA SIMAK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Majalengka)

Mohamad Irfan Nurfansyah, 143040108 and Sali Alas Majapahit, DS and ASEP SOMANTRI, DS (2019) PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA SIMAK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Majalengka). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Mohamad Irfan Nurfansyah_143040108_Teknik Informatika (1).pdf

Download (363kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

SIMAK dirancang pada pertengahan tahun 2011, akan tetapi mulai digunakan secara menyeluruh oleh civitas akademika Universitas Majalengka sejak tahun 2014. Berarti hingga saat ini SIMAK telah digunakan selama 4 tahun dengan adanya perbaikan dan pengembangan secara berkala sesuai dengan perkembangan kebutuhan seluruh civitas akademika Universitas Majalengka terutama untuk kebutuhan mahasiswa. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, ternyata banyak mahasiswa masih mengeluhkan buruknya layanan SIMAK. Masalah tersebut timbul dari adanya ketidaksesuaian beberapa fitur perangkat lunak yang merupakan bagian dari sistem informasi. Sehingga penting untuk diperhatikan, apakah sistem yang diterapkan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna atau belum, sehingga dari sana akan terlihat keberhasilan penerapan SIMAK. Hal yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan penerapan sebuah sistem informasi tidak dapat dilepaskan dari kepuasan pengguna terhadap sistem yang mereka gunakan. Jika pengguna merasa tidak puas akan sistem informasi yang digunakan, maka dapat berakibat pada terganggunya tingkat kinerja pemakai sistem informasi. Sehingga keberlanjutan sistem informasi ini akan dipakai dalam jangka waktu yang lama atau sebaliknya diberhentikan (loyalitas). Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat ukur untuk melakukan survey kepuasan pengguna. Instrumen ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah EUCS (End User Computing Satisfaction) dari Doll dan Torkzadeh (1988) yang terbagi menjadi 5 dimensi pengukuran yang masing-masing diuraikan menjadi sekumpulan paket pernyataan yang diberikan kepada mahasiswa FKIP Universitas Majalengka dengan skala Likert. Metode analisis yang digunakan untuk pengolahan data meliputi statistik deskriptif, analisis regresi berganda dan analisis regresi sederhana menggunakan alat bantu program SPSS for windows versi 25.0. Hasil pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dihasilkan penilaian bahwa isi informasi SIMAK, kemudahan dalam penggunaannya, ketepatan waktu dalam mengelola serta loyalitas mahasiswa dalam menggunakan SIMAK sudah memenuhi harapan dari mahasiswa. Sedangkan keakuratan data, tampilan aplikasi SIMAK serta kepuasan masih menimbulkan keraguan dari harapan pengguna. Hasil pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda dihasilkan bahwa semua variabel yaitu isi, akurasi, bentuk, kemudahan dan tepat waktu secara simultan berpengaruh terhadap variabel kepuasan sebesar 68,8%. Dengan kata lain isi informasi, keakuratan data yang dihasilkan, tampilan (bentuk) dari aplikasi SIMAK, kemudahan penggunaan serta ketepatan waktu dalam menghasilkan data mempengaruhi kepuasan pengguna dalam menggunakan SIMAK. Hasil pengolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana dihasilkan bahwa variabel kepuasan memberikan pengaruh sebesar 30,4% terhadap variabel loyalitas. Hasil dari pengujian tersebut akan menjadi kesimpulan untuk mengetahui pengaruh dari lima variabel EUCS terhadap kepuasan mahasiswa FKIP Universitas Majalengka sebagai pengguna. Kata kunci: Pengukuran, Kepuasan, Loyalitas, Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIMAK), EUCS (End User Computing Satisfaction), SPSS for windows versi 25.0

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Sep 2019 04:18
Last Modified: 20 Sep 2019 04:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43806

Actions (login required)

View Item View Item