PENGARUH PERBANDINGAN SARI BUAH MANGGA KWENI (Mangifera odorata G.) DENGAN SARI WORTEL (Daucus carota L.) DAN KONSENTRASI GULA STEVIA TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK

Luthfi Herman Fauzan, 143020408 and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS and Yusep Ikrawan, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN SARI BUAH MANGGA KWENI (Mangifera odorata G.) DENGAN SARI WORTEL (Daucus carota L.) DAN KONSENTRASI GULA STEVIA TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Luthfi Herman Fauzan_143020408_Teknologi Pangan.pdf

Download (443kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan perbandingan sari buah mangga kweni dengan sari wortel dan konsentrasi gula stevia yang tepat sehingga akan diperoleh minuman serbuk dengan karakteristik yang baik. Maksud dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai jual, ketersediaan buah mangga kweni dan wortel dalam bentuk olahan minuman serbuk serta mengurangi penggunaan sukrosa atau pemanis sintetis. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola faktorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang akan dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor perbandingan sari buah mangga kweni dengan sari wortel (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (50:50), a2 (60:40), dan a3 (70:30) dan konsentrasi gula stevia (B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (1%), b2 (2%), dan b3 (3%) sehingga diperoleh 27 satuan percobaan ulangan. Analisis kimia terhadap minuman serbuk sari buah mangga kweni dengan sari wortel dan gula stevia meliputi pengujian kadar air, kadar abu, kadar lemak, dan kadar protein. Analisis fisik yang dilakukan adalah menghitung waktu larut. Hasil penelitian menunjukan perbandingan sari buah mangga kweni dengan sari wortel berpengaruh terhadap kadar air, kadar protein, atribut warna, rasa dan aroma. Konsentrasi gula stevia berpengaruh terhadap kadar air dan atribut rasa. Interaksi antara perbandingan sari buah mangga kweni dengan sari wortel dan konsentrasi gula stevia berpengaruh terhadap atribut rasa tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, waktu larut, atribut warna dan aroma minuman serbuk. Kata kunci : Mangga Kweni, Wortel, Gula Stevia, Minuman Serbuk.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:46
Last Modified: 20 Sep 2019 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43802

Actions (login required)

View Item View Item