PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG GANYONG ( Canna edulis Ker ) DAN TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolor L) TERMODIFIKASI TERHADAP KARAKTERISTIK FETTUCCINI

Nafasha Alya Risda, 143020392 and Wisnu Cahyadi, DS and Yusep Ikrawan, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG GANYONG ( Canna edulis Ker ) DAN TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolor L) TERMODIFIKASI TERHADAP KARAKTERISTIK FETTUCCINI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nafasha Alya Risda_143020392_Teknologi Pangan.pdf

Download (635kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tepung sorgum dan tepung ganyong termodifikasi terhadap karakteristik fettucini yang dihasilkan. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai sorghum dan ubi ganyong yang dirubah menjadi tepung dan dimanfaatkan menjadi produk olahan fettucini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan terdiri dari 3 tahap yaitu pembuatan koji dengan menggunakan Lactobacillus plantarum, membuat tepung sorgum dan ganyong termodifikasi menggunakan koji tersebut lalu dilakukan analisis kadar pati dan kadar air yang akan digunakan dalam penelitian utama. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 kali ulangan, di mana faktor dalam penelitian ini yaitu perbandingan tepung sorgum termodifikasi dengan tepung ganyong termodifikasi (A). Hasil penelitian utama menunjukan bahwa perbandingan antara tepung sorghum termodifikasi dan tepung ganyong termodifikasi berpengaruh pada respon kimia fettucini meliputi kadar pati dan kadar air, respon organoleptic meliputi atribut rasa, warna, aroma dan tekstur, dan respom fisik meliputi pengujian dengan menggunakan tekstur analyzer. Hasil formulasi terbaik yaitu a11 dengan perbandingan tepung sorghum termodifikasi dan tepung ganyong termodifikasi 6:1, didapatkan hasil kadar air sebesar 8,44%, kadar pati 52,42%, dan tekstur 0,8325mm/g/s, sedangkan untuk respon organoleptick dalam atribut rasa, warna, aroma, dan tekstur formulasi a11 mendapatkan nilai berturut-turut 4,04 (agak suka), 4,67 (suka), 4,1 (agak suka), dan 3,73 (agak suka). Kata kunci : Biji sorghum, umbi ganyong, fermentasi, tepung modifikasi, Lactobacillus plantarum, fettucini.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:05
Last Modified: 20 Sep 2019 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43796

Actions (login required)

View Item View Item