KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA PADA PRAJURIT TNI-AD ETNIS JAWA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Prajurit Baru Yang Mengalami Cultural Shock Di Rindam III/Siliwangi)

Intan Gita Purwandani, 152050352 (2019) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA PADA PRAJURIT TNI-AD ETNIS JAWA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Prajurit Baru Yang Mengalami Cultural Shock Di Rindam III/Siliwangi). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara heterogen, keanekaragaman latar belakang budaya di negara ini memang sangat beragam. Mulai dari adat istiadat, ras, suku, etnis dan agama. Setiap daerah dari Sabang sampai Merauke memiliki ciri khas budaya dan keunikannya tersendiri. Dengan kondisi seperti ini, proses komunikasi antar budaya sudah pasti terjadi di lingkungan masyarakat Indonesia. Begitupun yang terjadi di kalangan prajurit TNI saat melaksanakan penugasan menjadi seorang perantauan. Melihat keseharian para prajurit memang tidak dapat terlepas dari konteks budaya dimana prajurit tersebut berasal. Perbedaan latar belakang budaya pada masing-masing prajurit dalam setiap satuan bertugas dapat memicu terjadinya gejala cultural shock. Hal ini disebabkan oleh perpindahan tempat bertugas yang telah ditentukan oleh komandan satuan. Dimana pada kondisi seperti ini, para prajurit akan mengalami hambatan dan kesulitan adaptasi di lingkungan tugas barunya. Dengan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini akan menyimpulkan 3 tahapan timbulnya gejala cultural shock yaitu diantaranya Honeymoon Phase, Crisis Phase, dan Adjusment Phase yang dialami oleh prajurit TNI-AD Etnis Jawa di Rindam III/Siliwangi Kata kunci : Hambatan, Gejala Cultural Shock, dan Adaptasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:08
Last Modified: 20 Sep 2019 02:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43788

Actions (login required)

View Item View Item