KERJASAMA USAID (UNITED STATES AGENCY FOR INTERNATIONAL DEVELOPMENTS) DENGAN KEMENTRIAN KESEHATAN RI DALAM MENANGANI KEMATIAN IBU DAN ANAK DI JAWA BARAT

IntaniaRegitaPutri, 152030267 (2019) KERJASAMA USAID (UNITED STATES AGENCY FOR INTERNATIONAL DEVELOPMENTS) DENGAN KEMENTRIAN KESEHATAN RI DALAM MENANGANI KEMATIAN IBU DAN ANAK DI JAWA BARAT. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text
skripsi bab 1.docx

Download (44kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
skripsi bab 2.docx

Download (105kB)
[img] Text
cover intan.docx

Download (70kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ Kerjasama USAID dengan kementrianKeehatan RI dalam Menangani Kematian Ibu dan Anak di Jawa Barat”. Angka kematian ibu masih tinggi di Indonesia. Jawa Barat termasuk dalam penyumbang angka tertinggi kematian ibu dan anak di Indonesia. Kematian dipengaruhi dan didorong berbagai faktor yang mendasari timbulnya risiko maternal dan neonatal, yaitu faktor-faktor penyakit, masalah gizi dari wanita usia subur. Tujuan dari penelitian ini berbicara tentang upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal ini adalah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat yang melalui Kementrian Kesehatan Republik Indonesia bekerjasama dengan USAID dalam menangani kematian ibu dan anak di Jawa Barat. Menekan angka kematian ibu dan anak adalah dua poin dari target dari program USAID yang mestinya tercapai dalam periode 5 tahun setelah program dijalani karena penyebab yang dapat dicegah dengan memperkuat infrastruktur dan penyediaan pelayanan kesehatan dengan fokus khusus pada populasi yang paling tidak mampu dan rentan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang dipakai penelitian ini yaitu kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu kerjasama USAID dengan Dinas Kesehatan Jawa Barat sudah mengalami peningkatan. Terbukti melalui program yang diberikan USAID yaitu EMAS (Expanding Maternal and Neonatal Survival) program bantuan teknis yang didanai oleh USAID di sektor kesehatan ini menunjukan penurunan angka kematian ibu dan anak di Jawa Barat. Dinas Kesehatan Jawa Barat yang ditunjuk untuk menajalani program ini pun turut berperan dengan upaya yang dilakukan ke arah itu yaitu dengan peningkatan kesehatan dan pelayanan masyarakat, salah satunya yakni secara khusus ditujukan bagi ibu hamil, melahirkan dan nifas dan bayi baru lahir. Kata kunci: USAID (United State Agency for International Development), kematian ibu dan anak di Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 19 Sep 2019 07:49
Last Modified: 19 Sep 2019 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43777

Actions (login required)

View Item View Item