PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU APLIKASI EDUPLASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS

MEILLANY ROSMIATY SUTISNA, 155040054 (2019) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU APLIKASI EDUPLASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Aplikasi EduPlasa adalah kumpulan aplikasi edukasi dari berbagai pengembang software pendidikan baik lokal maupun dari luar negeri. Aplikasi edukasi yang ada di dalam EduPlasa berupa konten animasi interaktif pelajaran sekolah, video tutorial, Ebook BSE, aplikasi edukasi dan banyak lainnya dari pengembang-pengembang edukasi terbaik. Aplikasi EduPlasa yang digunakan adalah EduPlasa Biologi SMA: Makhluk Hidup Mikroskopis. Aplikasi EduPlasa mempermudah siswa dalam pembelajaran karena dengan aplikasi EduPlasa yang terdiri dari konten interaktif, video praktikum dan video 3D sehingga materi virus tidak menjadi abstrak karena dengan video tiga dimensi 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbantu aplikasi EduPlasa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi virus. Jenis metode yang digunakan adalah metode Quasi Experimen Design dan Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpose sampling yaitu siswa kelas X MIPA-3 dan X MIPA-4 di SMA Pasundan Banjaran pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Hasil Penelitian aspek kognitif pada kelas pembanding didapatkan skor rata-rata pretest 31,33 dan skor rata-rata posttest 75,33 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,64 dengan kategori sedang, sedangkan untuk kelas eksperimen didapatkan skor rata-rata pretest 32 dan skor rata-rata posttest 82,11 serta dari hasil uji N-Gain didaptkan skor sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Hasil penilaian angket respon siswa dengan jumlah siswa 36 orang siswa mendapatkan tanggapan dengan kriteria sangat baik sebanyak 31 orang siswa dan 5 orang siswa memberikan tanggapan dengan kriteria baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbantu aplikasi EduPlasa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Media Pembelajaran Berbantu Aplikasi EduPlasa, Virus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2019 06:32
Last Modified: 19 Sep 2019 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43754

Actions (login required)

View Item View Item