PEMBANGUNAN APLIKASI PENGENALAN PLANET PADA TATA SURYA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI REALITAS TERTAMBAH (STUDI KASUS : SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AHSANUL FIKRI BANDUNG)

MUHAMMAD ANGGA APRILIAWAN, 123040200 and Sandhika Galih Amalga, ds and Erik Syawal Alghifari, SE.,MM, Pembimbing II (2019) PEMBANGUNAN APLIKASI PENGENALAN PLANET PADA TATA SURYA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI REALITAS TERTAMBAH (STUDI KASUS : SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AHSANUL FIKRI BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhamad Angga Apriliawan_123040200_Teknik Informatika.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ahsanul Fikri Bandung selama ini melakukan kegiatan belajar melalui media buku. Kendala yang didapat dalam pembelajaran dengan media buku adalah sulitnya peserta didik memahami penjelasan abstrak pada buku, terutama pada pelajaran eksak mengenai penjelasan planet-planet dalam tata surya yang merupakan lingkungan yang tidak memungkinkan untuk dihadirkan ke dalam ruangan kelas. Minimnya sarana penunjang bagi kehadiran media pembelajaran alternatif menjadi salah satu kendala bagi pengajar untuk dapat memberikan informasi yang mudah dicerna oleh peserta didik. Untuk merealisasikan hadirnya media pembelajaran alternatif sebagai penunjang kegiatan belajar, maka dibuatlah sebuah media pembelajaran alternatif yang mudah untuk digunakan dan diaplikasikan pada kegiatan belajar di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ahsanul Fikri Bandung, yaitu sebuah perangkat lunak pengenalan planet pada tata surya menggunakan teknologi realitas tertambah yang mampu, seolah-olah, dihadirkan ke dalam ruangan kelas. Perangkat lunak ini dapat dijalankan pada smartphone Android yang banyak digunakan oleh masyarakat luas. Langkah – langkah yang dilakukan dalam pembuatan perangkat lunak pengenalan planet pada tata surya menggunakan teknologi realitas tertambah ini dimulai dari mengidentifikasi masalah yang ada, menentukan kebutuhan – kebutuhan, pengumpulan data yang dilakukan melalui studi literatur, observasi atau survey dan wawancara, hingga pembuatan perangkat lunak pengenalan planet pada tata surya dengan menggunakan teknologi realitas tertambah untuk Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ahasanul Fikri Bandung. Perangkat lunak yang dihasilkan dapat memberikan informasi tambahan mengenai planet-planet dalam tata surya melalui objek 3 Dimensi dari bentuk planet tersebut. Fitur-fitur dalam perangkat lunak realitas tertambah, dapat memudahkan peserta didik untuk mengenali planet-planet dalam tata surya. Kata kunci: Media Pembelajaran Alternatif, Realitas Tertambah, 3 Dimensi, Informasi, Planet, Tata Surya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 19 Sep 2019 07:42
Last Modified: 19 Sep 2019 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43752

Actions (login required)

View Item View Item