KARAKTERISTIK SERBUK MINUMAN FUNGSIONAL VARIASI CAMPURAN SIMPLISIA BAWANG DAYAK (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) DENGAN ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.)

Erna Nofianti, 133020446 and Dede Zainal Arief, DS and Hasnelly,, DS (2019) KARAKTERISTIK SERBUK MINUMAN FUNGSIONAL VARIASI CAMPURAN SIMPLISIA BAWANG DAYAK (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) DENGAN ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Erna Nofianti_133020446_Teknologi Pangan.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi campuran bahan minuman dalam bentuk simplisia antara bawang dayak dengan rosella yang dapat diterima oleh konsumen. Manfaat penelitian ini adalah untuk diversifikasi, meningkatkan nilai jual dari bawang dayak dan rosella, dan untuk membuat serbuk minuman fungsional yang bermanfaat bagi kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Statistik Deskriptif. Faktor yang digunakan yaitu variasi perbandingan serbuk simplisia bawang dayak dengan rosella yang terdiri dari 5 taraf yaitu F1 (1 : 3), F2 (1.5 : 2.5), F3 (2 : 2), F4 (2.5 : 1.5), dan F5 (3 : 1). Respon yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi respon kimia (analisis kadar air, pH, kadar antosianin, dan aktifitas antioksidan untuk sampel terpilih), respon fisik (analisis tingkat kelarutan), dan respon organoleptik (warna, rasa dan aroma). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik serbuk minuman fungsional pada produk campuran simplisia bawang dayak dengan rosella berbeda pada setiap variasi campurannya. Sampel yang paling disukai panelis adalah sampel dengan perbandingan bawang dayak : rosella 1 : 3. Sampel tersebut memiliki aktivitas antioksidan 215.15 ppm. Kata kunci : Bawang Dayak, Rosella, dan Serbuk Minuman Fungsional

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 19 Sep 2019 06:05
Last Modified: 19 Sep 2019 06:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43750

Actions (login required)

View Item View Item