PENGARUH KONSENTRASI PEKTIN DAN KONSENTRASI SUKROSA TERHADAP KARAKTERISTIK JELLY SARI BUNGA KECOMBRANG (Etlingera elatior)

Dina Rusdiana, 14.302.0395 and Ina Siti Nurminabari, Ds and Hasnelly, DS (2019) PENGARUH KONSENTRASI PEKTIN DAN KONSENTRASI SUKROSA TERHADAP KARAKTERISTIK JELLY SARI BUNGA KECOMBRANG (Etlingera elatior). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Dina Rusdiana_143020395_Teknologi Pangan(1).pdf

Download (410kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan penambahan konsentrasi pektin dan konsentrasi sukrosa paling optimal dalam menghasilkan jelly dengan karakteristik kimia, fisik dan organoleptik yang dapat diterima oleh konsumen. Manfaat penelitian ini antara lain dapat meningkatkan nilai jual, pemanfaatan potensi bunga kecombrang untuk dijadikan jelly, peningkatan ragam konsumsi, dan memberikan informasi mengenai konsentrasi pektin dan konsentrasi sukrosa yang paling optimal dalam menghasilkan jelly dengan karakteristik kimia, fisik dan organoleptik yang dapat diterima dan disukai oleh konsumen. Rancangan acak percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor dan 3 taraf sebanyak 3 kali ulangan, sehingga didapatkan 27 satuan percobaan. Rancangan perlakuan terdiri dari 2 faktor yaitu konsentrasi pektin (P) yang terdiri dari 3 taraf yaitu p1 (0,5%), p2 (1%), dan p3 (1,5%) dan konsentrasi sukrosa (S) yang terdiri dari 3 taraf yaitu s1 (45%), s2 (50%) dan s3 (55%). Konsentrasi pektin (P) berpengaruh terhadap kadar air, kadar gula total, tekstur (penetrometer), tingkat sineresis, organoleptik atribut warna, aroma dan tekstur. Konsentrasi pektin (P) tidak berpengaruh terhadap organoleptik atribut rasa. Konsentrasi sukrosa (S) berpengaruh terhadap kadar air, kadar gula total, tekstur (penetrometer), tingkat sineresis, organoleptik atribut aroma, tekstur dan rasa. Konsentrasi sukrosa (S) tidak berpengaruh terhadap organoleptik atribut warna. Interaksi kedua faktor (PS) berpengaruh terhadap kadar air, kadar gula total, tekstur (penetrometer), tingkat sineresis, organoleptik atribut aroma dan tekstur. Interaksi kedua faktor (PS) tidak berpengaruh terhadap organoleptik atribut warna dan rasa. Kata kunci : Bunga kecombrang, pektin, sukrosa, jelly

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Bunga kecombrang, pektin, sukrosa, jelly
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:48
Last Modified: 19 Sep 2019 03:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43730

Actions (login required)

View Item View Item