IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM GERAK

VINA NUR AMALINA, 155040094 (2019) IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM GERAK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media e-learning berbasis edmodo dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada konsep sistem gerak. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 3 di SMAN 2 Lembang, yang dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 35 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Parameter yang diukur adalah motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menguji hasil belajar siswa berupa soal 20 butir soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 31,14 dan rata-rata posttest 79,57 dengan nilai N-Gain tertinggi sebesar 0,93 dan nilai N-Gain terendah sebesar 0,09, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo. Respon siswa mengenai motivasi belajar dengan menggunakan media e-learning berbasis edmodo mendapatkan rata-rata sebesar 76% dengan kriteria baik. Demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo. Kata Kunci: Motivasi belajar, Hasil belajar, Media e-learning berbasis edmodo.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:32
Last Modified: 19 Sep 2019 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43728

Actions (login required)

View Item View Item