IMPLEMENTASI WIKIPEDIA PADA PEMBELAJARAN MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMAN 15 BANDUNG

MIRA DESVIANI SHOLIHA, 155040011 (2019) IMPLEMENTASI WIKIPEDIA PADA PEMBELAJARAN MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMAN 15 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT Bahasa Inggris.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemanfaatan wikipedia dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan materi virus pada peserta didik di SMAN 15 Bandung. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X MIA 6 yang berjumlah 35 peserta didik. Metode penelitian ini yaitu pra-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam posttest dapat dilihat pada N-Gain 0,50 termasuk kriteria sedang, penilaian penyuntingan wikipedia 75 termasuk kriteria baik, penilaian produk showcase 82,5 termasuk kriteria baik, penilaian observasi berpikir kreatif 72 termasuk kriteria kreatif, dan penilaian respon peserta didik 70% termasuk kriteria baik. Hasil hipotesis menunjukkan hipotesis memiliki nilai sig. 0,00 yang artinya < 0,05 maka hasil uji T ini diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Biologi berorientasi wikipedia dapat memberikan nilai yang tinggi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalaui penguasaan konsep virus. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Pemanfaatan Wikipedia, Virus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:20
Last Modified: 19 Sep 2019 02:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43712

Actions (login required)

View Item View Item