ANALISIS PELAYANAN PEMBELAJARAN BERBASIS IAPS 4.0 SEBAGAI STRATEGI BERSAING DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NUSANTARA (STTN) LAMPUNG

Taufik Rahman, NPM : 168030022 (2019) ANALISIS PELAYANAN PEMBELAJARAN BERBASIS IAPS 4.0 SEBAGAI STRATEGI BERSAING DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NUSANTARA (STTN) LAMPUNG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Taufik Rahman.docx

Download (114kB)

Abstract

Banyaknya perguruan tinggi di Propinsi Lampung baik PTN maupun PTS membuat STTN Lampung menghadapi tingkat persaingan yang sangat ketat. Diperlukan strategi bersaing yang tepat untuk menghadapinya. Diperlukan analisis baik internal maupun eksternal untuk mengetahui kondisi STTN Lampung. Selama ini belum pernah dilakukan analisis terhadap pelayanan yang telah diberikan kepada mahasiswa. Analisis pelayanan dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan responden dosen, tenaga kependidikan, pemilik dan mahasiswa STTN Lampung yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis SWOT, analisis house of quality (HoQ) dan analisis service quality (servqual). Berdasarkan pembahasan yang dilakukan maka kesimpulan yang diperoleh sebagai berikut kondisi internal STTN Lampung bernilai 2.501 dan kondisi eksternal bernilai 2.199 sehingga posisi STTN Lampung saat ini berada dalam posisi sel 5 yang menunjukkan pertumbuhan usaha. Pada sel 5 matrik internal-eksternal (IE) nilai internal dan eksternal STTN Lampung memiliki nilai lebih dari 2 yang dapat disimpulkan bahwa STTN Lampung berada dalam posisi yang cukup kuat dan peluang yang ditawarkan cukup tinggi. Pada posisi tersebut STTN Lampung dapat menerapkan strategi pertumbuhan melalui integrasi horizontal. Strategi integrasi horisontal merupakan strategi utama STTN Lampung dengan posisi pasar kompetitif yang kuat dalam industri jasa yang berdaya tarik tinggi. Agar meningkatkan kekuatan bisnisnya atau posisi kompetitifnya, maka STTN Lampung harus melaksanakan upaya memperluas pasar kewilayah potensial secara intensif. Pada atribut kehandalan menujukkan bahwa mahasiswa mengharapkan penambahan ruang kelas yang seimbang dengan jumlah mahasiswa. Untuk atribut daya tanggap mahasiswa mengharapkan adanya perbaikan dalam pengolahan hasil nilai ujian yang cepat dan akurat. Pada atribut jaminan walaupun SOP untuk pelayanan administrasi telah dimiliki oleh STTN Lampung namun dalam pelaksanaannya belum mengikuti SOP yang dibuat. Sedangkan untuk kesenjangan tertinggi pada atribut empati menujukkan bahwa harapan mahasiswa akan pelayanan yang ramah perlu dilakukan peningkatan. Pada atribut bukti fisik hal ini memperlihatkan bahwa fasilitas ruang kelas yang lengkap (ada LCD ditiap kelas, kursi meja dalam keadaan baik, tersedia papan tulis dan alat tulis). perlu dilakukan penambahan agar gap antara harapan dan kenyataan yang diinginkan mahasiswa tidak terlalu besar. Kata Kunci : kualitas pelayanan, analisis SWOT, house of quality, service quality

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:26
Last Modified: 19 Sep 2019 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43708

Actions (login required)

View Item View Item