KERJASAMA E-GOVERNMENT INDONESIA – KOREA SELATAN TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN IT DI KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA

Rahman Ismail, 152030185 (2019) KERJASAMA E-GOVERNMENT INDONESIA – KOREA SELATAN TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN IT DI KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.jpg

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab-2.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab-1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penerapan e-government di Indonesia merupakan salah satu program reformasi birokrasi sebagai upaya nyata dari Kementerian PANRB untuk mendukung pelaksanaan program prioritas Presiden RI Joko Widodo. Penandatangan kerja sama dengan Korea Selatan sebelumnya telah dilakukan tahun 2016 - 2018 dan diperpanjangan sampai 2019. Salah satu prioritas pemerintah saat ini adalah membangun tata kelola pemerintahan yang baik di Indonesia. Oleh karena itu, kerjasama tersebut sangat dibutuhkan sebagai upaya percepatan implementasi e-goverment dalam kerangka reformasi birokrasi untuk mewujudkan administrasi pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik. Keberadaan Pusat Kerjasama e-government atau Eletronic Government Cooperation Centre (EGCC) Indonesia – Korea Selatan yang telah beroperasi sejak Maret 2016 memiliki peran strategis untuk mendorong keberhasilan pelaksanaan semua kegiatan kerjasama. Termasuk untuk sarana berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta untuk mendiskusikan langkah-langkah implementasi e-government. Tujuan penelitian adalah : a) Untuk mengetahui implementasi kerjasama Indonesia – Korea Selatan di bidang teknologi IT; b) Untuk mengetahui perkembangan e-Government di Republik Indonesia melalui Kemenpan/RB, dan c) Untuk mengetahui implementasi kerjasama i Kemenpan/RB dibidang teknologi informasi Indonesia – Korea Selatan dapat mempengaruhi perkembangan egovernment di Indonesia Penelitian skripsi ini menggunakan metode deskriptif analitis dan historis analitis yang disertai teknik pengumpulan data kepustakaan serta mengadakan kunjungan ke instansi-instansi terkait guna mendapatkan data yang mendukung permasalahan dalam judul skripsi yang penulis bahas. Berdasarkan pengujian hipotesis, penulis menyimpulkan bahwa Indonesia dapat menerapkan e-government seperti Korea Selatan jika fokus pembangunan pemerintahan tertuju pada e-government dan dapat meninggalkan tradisi prosedur lama yang berbelit-belit dan tidak transparan. Kata kunci : Kerjasama e-government Indonesia – Korea Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 18 Sep 2019 04:26
Last Modified: 18 Sep 2019 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43694

Actions (login required)

View Item View Item