PENGARUH PERBANDINGAN PENAMBAHAN KONSENTRASI BUAH CAMPOLAY (Pouteria campechiana) DAN KONSENTRASI GELATIN TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHMALLOW

Gallant Sulistyo Prabowo, 13.3020.081 and Ela Turmala Sutrisno, DS and Hervelly, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN PENAMBAHAN KONSENTRASI BUAH CAMPOLAY (Pouteria campechiana) DAN KONSENTRASI GELATIN TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHMALLOW. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
GALLANT_SULISTYO_PRABOWO_133020081_TEKNOLOGI_PANGAN.pdf

Download (629kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi buah campolay dan gelatin yang berbada terhadap karakteristik marshmallow. Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua tahap yaitu uji pendahuluan dan penelitian utama. uji pendahuluan yang dilakukan yaitu analisis bahan baku buah campolay varietas lonjong yang dilakuakan pemeraman selama 3 hari meliputi uji kadar air, uji kadar gula total, uji karoten dan nilai pH campolay. Penelitian utama yang dilakukan adalah membuat marshmallow campolay. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok pola faktorial (3x3) dengan 3 kali ulangan, terdiri dari 2 faktor yaitu faktor konsentrasi campolay (6%, 10%, dan 14%) dan faktor konsentrasi gelatin (8%, 10%, dan 12%). Respon yang dianalisis adalah (1) analisis kimia kadar gula total dan kadar air, (2) analisis kuantitatif mikrobiologi, (3) analisis fisik yaitu kekenyalan, dan (4) pengujian organoleptik meliputi atribut warna, aroma, dan rasa marshmallow. Hasil penelitian pendahuluan uji bahan baku campolay varietas lonjog yang dipemerama selama 3 hari, mengandung kadar air campolay 56,677%, kandungan gula total 29,044% dan kadar karoten total 3,975 ppm, serta nilai pH buah sebesar 4,89. Hasil penelitian utama respon kimia marshmallow perbandingan konsentrasi campolay dan konsentrasi gelatin terhadap uji kadar gula dan uji kadar air pada konsentrasi campolay menunjukan pengaruh nyata, sedangkan konsentrasi gelatin dan interaksi antara konsentrasi campolay dan konsentrasi gelatin tidak berpengaruh nyata. Hasil penelitian utama respon mikrobiologis marshmallow perbandingan konsentrasi campolay dan konsentrasi gelatin terhadap analisis kuantitatif mikrobiologi interaksi setiap perlakuan berpengaruh nyata. Hasil Penelitian utama respon fisik uji kekenyalan marshmallow perbandingan konsentrasi campolay dan konsentrasi gelatin interaksi setiap perlakuan berpengaruh nyata terhadap kekenyalan produk. Hasil Penelitian utama respon organoleptik uji hedonik marshmallow perbandingan konsentrasi campolay dan konsentrasi gelatin berpengaruh nyata terhadap atribut warna dan aroma. Hasil uji hedonik marshmallow atribut rasa berpengaruh nyata terhadap konsentrasi campolay namun tidak berpengarug nyata terhadap konsentrasi gelatin dan interaksi keduanya. Kata Kunci : campolay, gelatin, marshmallow, karotenoid, kekenyalan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: campolay, gelatin, marshmallow, karotenoid, kekenyalan.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:55
Last Modified: 17 Sep 2019 07:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43652

Actions (login required)

View Item View Item