PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA ANIMASI TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL

TANTI DESTIANA, 155040049 (2019) PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA ANIMASI TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan bepikir kritis siswa pada materi pokok struktur dan fungsi sel. Subjek penelitian yaitu kelas XI MIPA-3 dan kelas XI MIPA-4 di SMA Pasundan 1 Banjaran dengan jumlah seluruhnya 62 siswa. Metode yan g digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Pre-test and Post-test Design, yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes berupa soal sejumlah 10 soal uraian dan non-tes berupa penilaian afektif, penilaian psikomotor, angket respon siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata -rata kelas eksperimen dengan menggunakan aplikasi media animasi tiga dimensi memperoleh nilai sebesar 78,77 dan nilai rata-rata kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 60,38. Sedangkan penilaian afektif pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,43 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata -rata sebesar 67,62. Perhitungan dengan menggunakan bantuan software IMB SPSS Stastistic 20 dengan analisis data Independent Sample T-Test, didapat hasil sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis ant ara siswa yang menggunakan aplikasi media animasi tiga dimensi dan yang tidak menggunakan aplikasi media animasi tiga dimensi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi media animasi tiga dimensi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok struktur dan fungsi sel. Kata kunci: Aplikasi Media Animasi Tiga Dimensi, Kemampuan Berpikir Kritis, Struktur dan Fungsi Sel.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:30
Last Modified: 17 Sep 2019 07:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43646

Actions (login required)

View Item View Item