ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL USAHATANI BUAH MANGGIS (Studi Kasus Pada Sentra Produksi Manggis di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta)

Saepul Anwar, 154030117 and Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, MS, Pembimbing I and Hj.Neni M Santoso, SE.,MSi, Pembimbing II (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL USAHATANI BUAH MANGGIS (Studi Kasus Pada Sentra Produksi Manggis di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK English.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (Fix).pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (Fix).pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (Fix).pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka .pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Saepul Anwar, 2019.“ Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Hasil Usahatani Buah Manggis Pada Sentra Produksi Manggis di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta”. Penelitian ini merupakan penelitian untuk skripsi. Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung. Usahatani buah manggis merupakan salah satu komoditas yang potensial yang banyak dibudayakan di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta. Untuk dapat tumbuh dan menghasilkan buah dengan baik, petani sebagai pemilik usahatani buah manggis membutuhkan pemanfaatan faktor-faktor produksi yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh luas lahan, jumlah tenaga kerja, jumlah pohon dan umur pohon terhadap hasil usahatani buah manggis pada sentra produksi manggis di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta pada bulan Juli 2019. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja dengan responden berjumlah 71 orang petani. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey berupa data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model fungsi Cobb-Douglas yang diolah dengan teknik analisis OLS (Ordinary Least Square) dengan bantuan program Eviews versi 10. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan baik secara simultan maupun secara parsial bahwa luas lahan, jumlah tenaga kerja, jumlah pohon dan umur pohon berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil usahatani buah manggis di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta. Kata Kunci : Usahatani, produksi ,faktor produksi, buah manggis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2015
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:21
Last Modified: 17 Sep 2019 07:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43642

Actions (login required)

View Item View Item