POLA KOMUNIKASI PENYANDANG TUNARUNGU DI SKH AL KAUTSAR CILEGON (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Penyandang Tunarungu Di Sekolah Khusus Al- Kautsar Cilegon)

Liza Mutiarasari Putri 152050204, 152050204 (2019) POLA KOMUNIKASI PENYANDANG TUNARUNGU DI SKH AL KAUTSAR CILEGON (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Penyandang Tunarungu Di Sekolah Khusus Al- Kautsar Cilegon). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar persetujuan.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKa.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENYANDANG TUNARUNGU DI SKH AL KAUTSAR CILEGON”. Komunikasi terjadi dan berlangsung dimanapun individu berada, dan tidak terkecuali kepada anak tunarungu, mereka melakukan komunikasi didalam kehidupan mereka dengan cara yang mereka miliki. Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh anak tunarungu. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mempelajari, menerangkan, dan menginterpretasikan data secara natural tanpa adanya intervensi pihak luar terhadap pola komunikasi anak tunarungu terhadap orang orang terdekatnya. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah studi kasus, dengan tipe penelitian yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yaitu observasi lapangan dan wawancara mendalam. Pemilihan informan dilakukan melalui proses pengamatan. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan maka diperoleh bahwa pola komunikasi anak tunarungu di Sekolah Khusus Al Kautsar Cilegon menggunakan komunikasi total (KOMTAL) yaitu menggunakan bahasa verbal dan non verbal. Dengan komunkasi tersebut pemahaman anak tunarungu terhadap teman dan lingkungannya dapat dipahami dengan baik. Hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai cara untuk menunjang tercapainya kepahaman didalam komunkasi dengan anak tunarungu adalah dengan cara membiasakan anak berkomunkasi dengan masyarakat umum agar mereka terbiasa berkomunikasi dengan orang normal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:16
Last Modified: 17 Sep 2019 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43640

Actions (login required)

View Item View Item