PENERAPAN MEDIA WIKIPEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN MENGENDALIKAN DIRI SISWA PADA MATERI VIRUS

SOFYAN ZULSIHKAR, 155040048 (2019) PENERAPAN MEDIA WIKIPEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN MENGENDALIKAN DIRI SISWA PADA MATERI VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan media wikipedia dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan mengendalikan diri siswa pada materi virus. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 di SMAN 15 Bandung yang berjumlah 35 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental design, dengan desain penelitian one grup pretest-posttest. Hipotesis yang diajukan yaitu penerapan media wikipedia dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan mengendalikan diri siswa pada materi virus. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan konsep dengan nilai skor rata-rata n-gain 0,50 yang didominasi 54% pada kisaran 0,70 – 0,82 dengan kriteria peningkatan tinggi, dan keterampilan mengendalikan diri dengan presentase 78% pada kategori baik. Hasil uji hipotesis signifikansi < sig acuan 0.00 < 0,05 maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa hal ini disebabkan wikipedia dapat meningkatkan keterampilan menulis, berpikir kritis dan berpikir kognitif pada jenjang C2-C5, sedangkan keterampilan mengendalikan diri siswa setelah diterapkan media wikipedia diinterpretasikan pada kategori baik, hal ini dibuktikan siswa dapat merencanakan kegiatan belajar secara efektif dan dapat mengevaluasi setiap tindakan yang dilakukannya. Kata Kunci: Media Wikipedia, Self Regulation, Materi Virus.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:55
Last Modified: 17 Sep 2019 04:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43627

Actions (login required)

View Item View Item