ANALISIS PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA BEKERJA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI KECAMATAN SUKALUYU KABUPATEN CIANJUR

Widya Putri Lazuarni, 154030118 and H.Subarna Tirtakusumah, SE.,MM, Pembimbing I (2019) ANALISIS PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA BEKERJA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI KECAMATAN SUKALUYU KABUPATEN CIANJUR. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Skripsi.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Skripsi.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Partisipasi Ibu Rumah Tangga Bekerja dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Di Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan kuantitatif yaitu untuk memperoleh data yang diperlukan berasal dari ibu rumah tangga yang bekerja baik formal ataupun informal, kemudian diuraikan secara keseluhuran yang akan memberikan gambaran mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi ibu rumah tangga bekerja. Sumber data penelitian didapat dengan cara kuesioner dan wawancara langsung dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Tujuannya adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana karakteristik responden ibu rumah tangga bekerja di Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur dilihat dari umur, lama kerja, jabatan kerja, upah, pendapatan suami, jumlah tanggungan keluarga dan tingkat pendidikan. (2) Untuk mengetahui dan menganlisis pengaruh variabel upah, tingkat pendidikan, umur, pendapatan suami dan jumlah tanggungan keluarga terhadap partisipasi ibu rumah tangga bekerja di Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur secara parsial dan simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rata-rata karakteristik responden berumur 31-40 tahun, telah bekerja sekitar 1-5 tahun sebagai karyawan pabrik dengan pendapatan selama satu bulan sebesar Rp.2.100.000-Rp.3.000.000. Adanya partisipasi ibu rumah tangga bekerja karena untuk membantu meningkatan pendapatan suami, dengan melihat rata-rata pendapatan suami sebesar Rp.2.100.000-Rp.3.000.000 selama satu bulan dan jumlah tanggungan keluarga sebesar 5 orang per rumah tangga dan tingkat pendidikan terakhir yang dimiliki responden adalah tamatan SMA (12 tahun pendidikan). (2) Variabel upah, tingkat pendidikan dan jumlah tanggungan keluarga memiliki hubungan yang positif dan berpengaruh signifikan terhadap partisipasi ibu rumah tangga bekerja. Variabel umur memiliki hubungan yang positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap partisipasi ibu rumah tangga bekerja. Dan variabel pendapatan suami memiliki hubungan yang negatif tetapi berpengaruh signifikan terhadap partisipasi ibu rumah tangga bekerja dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur yang diukur dengan melihat jam kerja yang diluangkan selama satu minggu. Kata Kunci: Partisipasi Ibu Rumah Tangga Bekerja, Upah, Tingkat Pendidikan, Umur, Pendapatan Suami dan Jumlah Tanggungan Keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2015
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:49
Last Modified: 17 Sep 2019 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43606

Actions (login required)

View Item View Item