PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP

VINY PEBRIANI, 155050040 (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang paling sering digunakan dalam menyelesaikan mata pelajaran lain. Selain itu, untuk belajar matematika siswa perlu adanya dukungan pada setiap pembelajaran berlangsung yaitu kemampuan matematis dan sikap matematisnya. Salah satu kemampuan matematis yang perlu ditingkatkan yaitu penalaran matematis dan self-confidence merupakan sikap matematis yang perlu dimiliki agar siswa memperoleh hasil belajar matematika yang optimal. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-confidence siswa adalah Brain Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning; 2) Untuk mengetahui apakah self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat kolerasi antara kemampuan penalaran matematis dengan self-confidence pada siswa yang memperoleh model pembelajaran Brain Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretes postes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes kemampuan penalaran matematis yang dibuat dalam bentuk uraian (pretes- postes) dan instrumen non- tes berupa angket self-confidence. Analisis data menggunakan uji parametik pada data pretes- postes dan uji Pearson melalui software SPSS Statistic 17.0 for Windows. Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning; 2) Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning; 3) Tidak terdapat kolerasi antara kemampuan penalaran matematis dengan self-confidence pada siswa yang memperoleh model pembelajaran Brain Based Learning. Kata Kunci: Brain Based Learning, Penalaran Matematis, Self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:48
Last Modified: 16 Sep 2019 07:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43577

Actions (login required)

View Item View Item